Labuan Cermin Kalimantan Timur – Danau 2 Rasa

Diposting pada

Pulau Kalimantan memang terkenal dengan keeksotisan alamnya. Mulai dari hutan, pantai, rawa dan danau yang sangat menarik untuk dijelajahi. Potensi wisata alam di tanah Borneo ini memang tak diragukan lagi, bak surga di dunia. Salah satu yang menarik untuk dieksplor yaitu Labuan Cermin yang berada di Kalimantan Timur. Danau ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan danau lainnya. Pengen tau apa sih uniknya danau Cermin ini? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Keindahan Labuan Cermin

Labuan Cermin Kalimantan Timur
instagram.com/indonesiajuaratrip

Labuan Cermin ini berada di tengah hutan belantara Pulau Kalimantan. Belakangan wisata ini mulai ramai dibicarakan oleh para wisatawan pecinta alam. Danau ini benar – benar masih sangat alami dan belum terjamah oleh masyarakat luas. Sekitar lokasi ini ditumbuhi berbagai jenis pepohonan yang sangat rimbun. Airnya sangat jernih sampai – sampai kalian bisa melihat ikan bahkan tanah didasar danau.Labuan Cermin ini bisa dikatakan teluk juga karena aliran airnya dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Dan yang paling menarik, didalam danau ini terdapat dua aliran air yaitu air tawar dan air laut.

Danau 2 rasa

Danau ini memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan danau lainnya. Terdapat 2 jenis air, air tawar dan air laut. Air tawar berada di atas permukaan dan air laut berada di dasar danau. Jika kita mengecap air yang ada di permukaan akan terasa asin dan air yang ada di dasar terasa tawar. Dan dibagian atas kalian akan melihat jenis ikan air tawar, sedangkan dibawah kalian akan menemukan penyu dan terumbu karang. Lokasi Labuan Cermin ini memang berada di pinggiran pantai jadi gak heran jika ada 2 jenis aliran air. Meski danau ini terlihat dangkal namun kalian tetap berhati – hati ya karena kedalamannya mencapai 5 meter.

Rute perjalanan

Wisata air yang dikelola oleh masyarakat setempat ini berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke Kecamatan Biduk – Biduk wisatawan bisa menggunakan motor, mobil atau kapal. Namun jika menggunakan kapal tergantung pada kondisi pasang surut air laut. Lokasinya bisa ditemukan menggunakan Google Map dengan mengetikkan kata kunci “Labuan Cermin”.

  • Alamat: Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Dari Bandara Samarinda perjalanan akan memakan waktu sekitar 6 – 8 jam. Lumayan lama ya, tapi tenang aja setelah sampai disana rasa capek kalian akan hilang dengan menikmati keindahan alam Pulau Kalimantan.

Harga tiket

Wisata ini belum memberlakukan tarif masuk. Hanya saja kalian harus menyewa perahu dan guide untuk mencapai lokasi ini dengan harga sekitar Rp 60 ribu – Rp 150 ribu. Disana juga sudah tersedia penginapan dengan tarif mulai Rp 150 ribu per malam.

  • Tiket: Gratis
  • Sewa perahu & guide: Rp 60.000 – Rp 150.000
  • Penginapan: Rp 150.000 – Rp 300.000/malam
Labuan Cermin
instagram.com/nyeep

Baca: Goa Limbuhang Haliau

Pengunjung juga bisa snorkeling di Labuan Cermin. Jika tidak membawa peralatan bisa menyewa di lokasi, ada pelampung, kaki katak dsb. Karena lokasinya dekat dengan pantai, kalian juga bisa sekalian berlibur ke Pantai Idaman.

Nah itu tadi sekilas info tentang keindahan dan harga tiket Labuan Cermin. Walaupun tempatnya di tengah hutan tanah Borneo tapi keeksotisannya benar – benar sangat mempesona. Ditambah lagi dengan memiliki keunikan air 2 rasa, asin dan tawar.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *