Lembah Desa Pulutan – Wisata Persawahan Wonosari Gunungkidul

Diposting pada

Lembah Desa Pulutan dapat dikatakan sebagai bukti menggeliatnya sektor pariwisata di gunung Kidul. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan sawah yang notabene banyak ditemui di berbagai daerah ternyata mampu disulap menjadi destinasi yang menarik “memang ginian Gunung Kidul jagonya”.

Lembah Desa Pulutan
instagram.com/dndy.bw

Dengan hamparan areal perasawahan mencapai 48 hektar memungkinkan pemandangan yang asri ala pedesaan di tempat ini. Selian itu, dengan tambahan icon burung elang dan tulisan “Lembah Desa Pulutan” serta sejumlah spot foto menjadikan tempat sayang untuk dilewatkan.

Ada apa di Lembah Desa Pulutan

Wisata Desa Pulutan memanfaatkan sawah sebagai jantungnya. Dimana jalan ditengah sawah menjadi titik sentral dari areal ini. Nah dari sinilah pengunjung bisa menikmati dan melakukan aktivitas wisata.

Mina tani

Mina tani merupakan salah satu upaya dari warga setempat dalam memberi tambah dalam sektor pertanian. Sembari menanam padi, petani juga membudidayakan ikan pada satu lahan sawah. Selain asik dipandang, pengunjung juga bisa memberi makan ikan.

Spot foto

Selain ada icon Elang, di tempat ini juga menyediakan spot foto kekinian. Ada patung kuda kayu dan gardu pandang ditengah sawah.

Gasebo

Wisata yang sekarang banyak wisata dikujungi ini juga banyak didirikan gubuk, gasebo, hingga pondokan. Nah pengunjung bisa melihat aktivitas pertanian sembari bersantai.

Sunset

Menjelang sore destinasi ini justru semakin ramai, diamana pengunjung bisa melihat panorama sunset diantara hampran sawah.

Bermain layang-layang

Aktivitas lain yang bisa kamu coba adalah bermain layang-layang. Areal sawah yang luas cocok untuk menerbangkan permainan tradisonal ini.

Lokasi wisata

Lembah Desa Pulutan Gunung Kidul
instagram.com/yullina_gallery

Obyek wisata baru ini berada berjarak 5 km sebelah barat Wonosari. Pencarian di Google cukup dengan mengetik “Lembah Desa Pulutan. Dengan demikian sudah gak perlu bingung lagikan.

  • Alamat: Dusun Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Jogja

Dengna lokasi yang berada di Gunungkidul, kamu pun bisa sekalian mengunjungi wisata lain seperti Goa Pindul, HeHa Sky View, Watu Goyang, Goa Jomblang, Embung Batara Sritan, dan lain sebaginya.

Tiket masuk Lembah Desa Pulutan

Tenang, meski sudah disebut-sebut sebagai tempat wisata namun tiket masuk wisata masih gratis lho. Kamu cukup parkir saja pada lokasi yang telah disediakan.

  • HTM: Gratis

Hadirnya obyek wisata Lembah Desa Pulutan Wonosari Gunung kidul besutan warga, karang taruna, dan BUMDes setempat menjadikan Kabupaten paling selatan Jogja ini semakin memiliki beragam destiansi wisata. Tidak hanya wisata bukit, goa, dan lembah, arel persawahan pun jadi.

Perkembangan wisata di Gunungkidul memang bisa acungi jempol.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *