Curug Bangkong Kuningan – Air Terjun yang Gak Ribet

Diposting pada

Air terjun atau Curug Bangkong Kuningan menawarkan wisata alam tanpa ribet. Kalau sebagian besar air terjun hanya bisa dicapai dengan tracking medan yang terjal, tidak dengan ari terjun yang ada di Nusaherang ini. Pasalnya lokasinya yang berada di areal yang landai dengan akses jalan dari jalan parkir ke titik lokasi yang enak dilalui.

Curug Banagkong Kuningan
instagram.com/pesonakuningan

Sekilas begitu jelas kalau obyek wisata di Kuningan Jawa Barat ini memang sudah dikelola dengan baik. Areal di depan air terjun sudah dibuat semacam taman lengkap dengan gasebo. Di salah sadut ada patung katak yang kecil, mungkin inilah tanda yang sengaja disematkan dimana “Bangkong” memiliki arti katak besar. Tidak lain dan tidak bukan menjadi nama air terjun ini.

Aktivitas Bangkong Kuningan

Ternyata gak hanya bisa dinikmati dengan mata telanjang, namun ada beberapa aktivitas wisata lainya yang bisa kamu jajal. Mulai dari sekedar nongkrong hingga susur sungai.

Air terjun

Air terjun di Curung Bangkong ini memang tidak begitu jernih, mungkin karena memang karena berada diaeral perswahan, namun arusny begitu deras dan debit yang besar. Tepat disisi air terjun ini juga ada jembatan ala-ala Air Terjun Jumog Klaten, lalu disisi air terjun sudah ada semacam tribun yang asik buat duduk maupun selfie.

Bermain air

Didipan ari terjun terdapat semacam bendungkan. Hal ini mengakibatkanya ada sejenis prosotan. Nah di areal inilah cocok untuk basah-basahan. Namun hati-hati karena aliran sungai banyak bebatuan dan tidak disarankan untuk bermain air di kolam yang berada dibawah air terjun, karena memang air terjunya besar dan kolamnya dalam.

Body rafting

Aliran sungai yang deras selepas air terjun ini dimanfaatkan untuk body rafting. Nah kamu bisa tubing sungai dengan ban dan pelampung mulai dari prosotan tersebut.

Tiket masuk Curug Bangkong Kuningan

Tiket masuk curug bangkong
instagram.com/setiawansuper

Meski sudah ditata dengan insfrastrukur yang baik namun ternyata harga tiket masuk Curug Bangkong Kuningan masih murah meriah. Pengunjung hanya dikenakan HTM 5k  per orang. Retribusi parkir pun cuma 2k untuk motor dan 5k untuk mobil.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000
  • Parkir motor: Rp. 2.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.000

Lokasi Bangkong Kuningan

Wisata alam di Kuningan ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua “pokoknya gak pakai ribet” bahkan akses jalan wisata dari loket menuju titik air terjun pun juga sudah berupa cor blok dengan jalan yang landai. Dari Kawasan ini, kamu pun bisa lanjut menuju ke Wisata Waduk Dharma karena memang bederkatan.

  • Alamat: Kertawirama, Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Air terjun Curug Bangkong Nusaherang Kuningan ini cocok menjadi destinasi segala usia. Selain memang tempatnya asri akses ke lokasi juga mudah. Bahkan bisa areal wisata pun sudah begitu baik dimana sudah ditata sedemikian rupa sehinggga nyaman untuk menimati pesona alam dan merasakan gemuruh air terjun dari jarak dekat yang sedang dipandang mata. Areal di depan air terjun yang luas juga asik buat kumpul-kumpul atau kegiatan lainya.

Dengan suguhan yang menarik tentu lokasi ini bisa jadi altenarif wisata di Kuningan Jawa Barat. Keberdaanya pun bisa dipertimbangkan dengan wisata lain seperti Situ Cicerem, Woodland Kuningan, Curug Landung, Telaga Remis, dan lain lain.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *