Minggon Jatinan – Pasar Wisata di Hutan Kota Rajawali Batang

Diposting pada

Hutan Kota Rajawali Batang kini lebih berwarna dengan adanya pasar wisata Minggon Jatinan. Pasar yang buka setiap minggu pagi ini menawarkan aneka  jajanan tradisional tempo dulu. Selain asik untuk bernostalgia, pastinya pengunjung juga bisa memanfaatkannya untuk sarapan, apalagi setelah olah raga pagi di Hutan Rajawali Batang.

Minggon Jatinan
instagram.com/minggonjatinan

Kesan back to nature pun benar-benar ditegaskan di tempat ini, bukan hanya tampilan luarnya saja, bahkan di tempat ini pengunjung pun tidak akan menemukan plastik. Bungkus makanan disana telah ditetapkan dengan daun. Mangkuk disana pun tidak menggunakan bahan kaca, melainkan menggunakan tempurung kelapa.

Ada apa di Pasar Minggonan Jatinan

Daya tarik utama wisata pasar di Batang ini adalah adanya makanan tradisional yang ditawarkan. Lebih dari itu, konsep tradisional pun juga semakin kentara dengan adanya penjual dengan kostum tradisional. Lebih menarik lagi, para pembeli pun tidak bisa serta merta datang dan belanja, namun haru menukarkan uang terlebih dahulu disana. Mata uang yang digunakan adalah berupa kreweng (koin tanah liat) dengan besaran 1 kreweng senilai 2 ribu.

Selain bisa mencicipi makanan seperti kue basah, serabi, kalibeluk, jamu, tradisional, gudeg, es sertu, kopi susu dan lain – lain, pengunjung bisa bakal bisa menikmati alunan hiburan musik angklung yang dimainkan oleh para pemuda. Dengan demikian astmosfir lawas pun lebih kental dan mengenai saat berada disana, layaknya di Pasar Inis Purworejo, Pasar Menoreh, Pasar Karetan Boja, dan lain sebagainya.

Tiket masuk Pasar Minggon Jatinan

Pengunjung yang datang ke pasar wisata Batang ini tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Pengunjung bisa masuk kesana gratis. Namun perlu diperhatikan bahwa, pastinya sebelum kesana kamu harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Nah, retribusi nya adalah sebesar 5k.

  • HTM: –
  • Parkir: Rp. 5.000

Jadwal pasar Minggon Jatinan

Sesuai dengan nama yang tersemat dalam destinasi ini, bahwa nama yang diambil adalah ‘minggon’ yang berarti minggu. Maka dapat secara jelas kita artikan bahwa pasar ini memang dibuka pada setiap hari minggu, lebih tepatnya adalah setiap jam 6 pagi.

  • Hari: Ahad
  • Pukul: 06.00 – 11.00 WIB

Lokasi Hutan Kota Rajawali Batang

Pasar Minggon Jatinan ini berada di dalam kawasan Hutan Kota Rajawali Batang. Dengan demikian, bagi kamu yang mau ke pasar wisata ini, maka secara otomatis kamu harus menuju ke hutan kota tersebut. Alamat lengkapnya sebagai berikut.

  • Alamat: Dusun Beran, Desa Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
Hutan Kota Rajawali Batang
instagram.com/minggonjatinan

Buat kamu yang mau menjajal aneka makanan tempo dulu, kayaknya wajib banget datang ke Pasar Wisata Minggon Jatinan di Hutan Kota Rajawalil Batang ini. Dengan demikian, kamu bisa merasakan berbagai jenis makanan dan tidak hanya sekedar fast food yang sering dijumpai dalam keseharian.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *