Rumah Atsiri Tawangmangu – Sejarah, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Satu lagi tempat wisata di Karanganyar yang wajib masuk list jadwal travel kamu yaitu Rumah Atsiri Indonesia. Rumah Atsiri Indonesia atau disingkat dengan RAI merupakan taman edukasi dan rekreasi yang menghadirkan atsiri sebagai objeknya.  Wisata ini pun sudah di konsep begitu rapi dan apik, bahkan modern yang bakal bikin betah pengunjung.

Rumah Atsiri Indonesia
instagram.com/soloindonesia

Lebih asik lagi, rumah asri berada di Tawangmangu, yang mana sudah dikenal akan udaranya yang sejuk, pemandangan yang memanjakan mata, bahkan aroma menyenangkan pun bisa kamu rasakan saat berada di dalam destinasi edukatif ini.

Sejarah Rumah Atsiri

Atsiri atau dikenal dengan minyak terbang adalah minyak esensial yang memiliki banyak khasiat. Minyak yang sudah dikembangkan sejak sebelum perang dunia kedua di tanah air ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Minyak ini dapat digunakan sebagai bahan utama untuk kosmetik, parfum, produk kesesatan alami, hingga makanan.

Minyak atsiri pun dihasilkan di sebuah pabrik Citronella di Tawangmangu yang kini bernama Rumah Atsiri Indoensia ini (RAI). RAI pun menyediakan area taman Asiri yang disebut dengan Atsiri Garden. Di teman ini pun ditanami banyak jenis taman Asri yang kini dapat dipelajari  oleh masyarakat umum (wisata edukasi)

Ada apa di rumah Astri Karanganyar

Saat berwisata di Rumah Astiri tentunya pengetahuan kamu akan astiri akan semakin bertambah. Apalagi memang ada konsep tour yang diperuntukkan untuk pengunjung. Lebih dari itu, ada hal- hal lain yang perlu kamu tahu tentang isi obyek ini.

Tour Atsiri

Pihak pengelola  pun telah menyediakan layanan tour taman yang mana bisa diikuti oleh wisatawan dengan durasi satu jam sekali. Selain tour taman, pengunjung pun juga bisa ambil tour museum atsiri. Di museum tersebut ada banyak suguhan aneka tanaman yang bakal bikin kamu makin pinter.

Makan di Resto

Tak hanya asik untuk wisata sambil belajar, namun sebagai wisata yang di konsep begitu apik, destinasi ini juga dilengkapi dengan resto. Pengunjung pun bisa berwisata tanpa harus takut kelaparan atau kehausan karena capek muter-muter.

Belanja oleh –oleh

Pasca puas berwisata dan foto-foto, kamu pun bisa belanja oleh – oleh di toko (shop). Ada aneka souvenir, mainan, dan lain -lain yang menarik dan layak kamu jadikan oleh-oleh.

Rumah Atsiri Indonesia memang dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni baik untuk anak-anak hingga dewasa. Bahkan di tempat edukasi ini, kamu juga bisa mengikuti kelas workshop.

Tiket Rumah Atsiri

Harga tiket masuk  Rumah Asri Indonesia sekarang ini adalah 50k. Pengunjung pun akan mendapatkan voucher senilai 50k. Namun tidak tidak serta merta habis hanya untuk tiket masuk. Voucher ini bisa digunakan untuk masuk Green House sebesar 30k, masuk museum 30k atau bisa juga digunakan untuk belanja tanaman, suvenir, mainan, dan lain sebagainya.

  • HTM: Rp. 50.000,-

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia

Tempat piknik yang punya instagram resmi @rumahatsiri berada di Tawangmangu, tepatnya di Jl. Watusambang, Plumbon. Datang saja langsung ke arah Tawangmangu, barulah setibanya di Desa Plumbon, kamu lanjut ke Dusun Watusambang. Dari arah Omah Kelinci masih ke selatan searah dengan Wisata Kali Samin.

  • Alamat: Dukuh Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Jam buka wisata

Tempat wisata edukasi yang modern ini buka setiap hari. Akan tetapi bukanya tidak dari pagi, melainkan dari jam 10 pagi hingga 5 sore. Dengan demikian, saat pagi hari kamu bisa jalan-jalan dulu di destinasi lain di kabupaten yang berada di sebelah timur kota Solo ini, baru pada siang atau sore nya baru ke tempat ini.

  • Jam buka: 10.00 – 17.00 (setiap hari)

Pada bulan ramadhan, jam buka wisata berbeda dengan hari biasa. Destinasi ini buka dari jam 12 siang hingga jam 7 malam.

Rumah Atsiri
instagram.com/maskursav

Tempat wisata rekreasi dan edukasi modern Rumah Atsiri Indonesia (RAI) Karanganyar cocok banget bagi wisata yang mau berwisata sekaligus belajar. Dengan tatanan yang apik dan modern plus suasana khas Tawamangu  menjadi nilai yang tersendiri. Keberadaannya yang tak jauh dari destinasi lain seperti Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, dan lain sebagainya  memungkinkan kamu menyambangi beberapa lokasi sekaligus.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *