taman kelinci boyolali

Taman Kelinci Boyolali – Wahana Baru di Kali Cemara Simo

Diposting pada

Dipertengahan tahun ini ada surprise dari Boyolali, namanya Taman Kelinci. Dengan aneka kelinci yang lucu-lucu pengunjung bisa bermain kelinci baik dengan memberi makan mereka maupun berswafoto. Apalagi dengan rumah – rumah kelinci yang unik, makin kece kan buat jepret-jepret.

taman kelinci boyolaliSebenarnya Taman Kelinci Boyolali ini bukanlah tempat wisata baru, namun merupakan wahana baru di tempat wisata Kali Cemara. Yang mana Kali Cemara sebelumnya dikenal dengan akan spot-spot fotonya. Berkat kerja keras dari Karang Taruna Ristansari, warga setempat, dan dukungan dari Pemerintah Desa Blagung, akhirnya bulan September ini jadilah wahana baru dengan segementasi keluarga.

Ada apa di Taman Kelinci

Pastinya kamu bertanya-tanya “kira-kira ada apa saja ya”. Nah banyak akvitas rekreasi yang bisa kamu lakukain disana nho. Apalagi dengan penampakan Sungai Cemoro nan asri. Yuk kita cek.

Taman Kelinci

Areal taman teletak dibelakang tulisan “Kali Cemara”. Dengan pembenahan areal kebun, penambahan hiasan taman, tanaman, dan rumah kelinci maka jadilah taman dengan icon binatang bertelinga panjang ini. Areal ini begitu jelas dengan pagar kawath yang mengelilingi “biar gak lepas kelincinya”

Menariknya ada rumah-rumah kecil warna-warni dan terwongan untuk tidur si imut ini. Nah kamu bisa tu memberi makan sambil mengajak mereka foto – foto. Namun kalau mau pegang hati – hati ya, terlebih anak-anak yang terkedang megang terlalu kencang.

Plang “Kali Cemara”

Perpaduan antara tulisan kuning dan hijua dengan tulisan “Kali Cemara” dari bahan seng ini seperti menjadi icon yang wajib. Apalagi sekarang sudah ada semacam tempat duduk tepat didepanya. Perlu dingat ini spot foto lho ya, jadi kalau mau duduk disitu jangan lama-lama, karena buat gantian yang lain.

Rumah Pohon

taman kelinci simo
instagram.com/kalicemara_

Meski disebut rumah pohon, tapi ini bukan rumah beneran dan fungsinya masih sama yaitu buat foto – foto. Setelah puas berswafoto atau difotoin bisa tu langsung gantian dengan yang lain. Dari atas sini kamu juga bisa jepret rumput love yang sempat viral beberapa tahun lalu.

Baca juga:  Curug Lumbung Purworejo, Air Terjun Mini Dengan Tebing Unik

Tanggul Belanda

Ada tanggul yang besar yang menjorok ke tengah sungai. Tempat ini kayaknya paling kece baut ambil gambar dengan latar sungai cemara.

Perahu kayu

Mau mengarungi sungai cemara sambil mendapat foto yang instagenic, di perahu kayu ini pilihanya. Kalau di wahana lain gratis, sedangkan jika ingin naik perahu ini kamu cukup merogok kocek 5 K saja. Meski kelihatanya goyang-goyang, namun aman kok “asal gak berlebihan geraknya”.

Taman Kelinci Boyolali
instagram.com/kalicemara_

Maksimal 3 orang saja ya guys plus tipsnya saat mendayung gunakan satu mata dayung saja, jangan gantian angkat kanan lalu angkat kiri, karena air bisa mrembes ke tangan dan bikin baju kamu basah.

Kecehan

Mau kecehan (bermain air) atau foto dekat dengan air? Kamu perlu turun ke sungai dengan jalur dari sebelah rumah pohon. Namu perlu diperhatikan bisa saja bebatuanya licin.

Outbond

Kali Cemara Boyolali
instagram.com/kalicemara_

Kalau pengen seru-seruan kamu juga bisa lho main outbond disana. Lokasinya di pasir tepi sungai, udah kayak pantai gitu. Nah alatnya kamu bisa tu sewa pada pengelola yang disana. Coba dech kepoin via nomer WA blognya Ristansari.blogspot.com.

Camp

Kamu bisa tu ngecamp di areal Kali Cemara. Kamu cukup minta izin aja tu ke nomer WA yang ada di blog Karang Tarunanya. Kamu bisa mendirikan tenda di areal jalan maupun disamping tanggul yang ada rumputnya. Namun peralatan camping harus bawa sendiri alias hanya camping groundnya saja plus harus rame-reme alias berkelompok ya.

Baca juga:  Alphard Sewa - Daftar Jasa Rental dan Harga Sewa

Oh iya saat musim kemarau kaya sekarang kamu bisa menjajal hampir semua wahana/ spot, namun saat musim penghujan perahu tidak disediakan dan kecehan air dan outbond juga tidak disarankan. Selain itu sebenarnya masih ada spot lain seperti rumah impian yang kerap dijadikan latar foto dan fasilitas warung jika pas buka di dekat turunan masuk.

Rute Taman Kelinci Boyolali

Menuju ke tempat wiata ini sangatlah mudah lokasi titiknya hanya beberapa meter dari tepi jalan. Kalau menggunkaan roda dua bisa tu langsung menuju ke areal parkir yang disediakan dengan turun pada turunan di selatan jalan. Namun kalau untuk roda empat lebih baik parkir di tepi jalan sekitar MIM Gebang (sebelah utara tugu) atau bisa juga parkir di depan Mushola Baiturrohim (disebelah selatan tugu jam Ngeplang).

Lalu untuk rute perjalananya bisa dari tiga arah sekaligus, bisa dari arah Andong, dari arah Boyolali, dan dari Solo.

Dari arah Andong atau Umbul Tirah silahkan ikut jalan menuju ke arah Simo, setibanya di pasar Batangan tetap lurus terus. Sempainya di tugu Ngeplang silahkan belok ke arah barat (kanan), lokasi wisata ada di kiri jalan.

Dari arah Boyolali silahkan menuju ke arah Bangak, arah pertigaan Bangak ambil kiri. Sesampainya di Sambi tetap lurus hingga sampai di Tugu Macan Simo. Lalu ambil kanan menuju arah yang mana searah dengan Lembah Gunung Madu. Sesampainya di pertigaan yang ada tugunya silahkan ambil kanan sektiar 5 KM. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan sebelum tugu jam Ngeplang.

Dari arah Solo silahkan menuju arah Nogosari, dari Nogosari silahkan lanjut arah Simo. Namun sebelum sampai Simo ada perigaan (segitiga) yang ada patung Semarnya. Silahkan ambil kanan lalu jalan terus hingga ketemu tugu. Dari tugu tersebut belok kiri, lokasinya beberapa meter di kiri jalan.

Baca juga:  Belayu Florist Tabanan - Taman Bunga Matahari dan Celosia

Lokasi Taman Kelinci Kali Cemara

Lokasi tempat wisata Baru Boyolali ini tentu bersamaan dengan Taman Kali Cemara. Untuk mencarinya di Google kamu bisa menggunakan kata kunci “Kali Cemara”. Nah untuk alamat lengkapnya silahkan cek berikut ini.

• Alamat: Dukuh Tanjungsari RT 13/ 03, Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Jalan landai dan lokasinya di tepi jalan. Jadi tidak ada kesulitan menuju ke lokasi.

Harga tiket masuk Taman Kelinci Boyolali

Ternyata harga tiket masuk Taman Kelinci Boyolali ini murah banget, kamu cukup merogoh kocek 3k saja sebagai tiket masuk Kali Cemara dan secara otomatis sudah bisa masuk ke areal taman Kelinci, jadi tinggal masuk saja. Selain itu, kalau mau foto di spot foto yagn ada juga tinggal naik saja alias tidak perlu bayar lagi, namun tetap hati – hati dan jaga etika.

• HTM: Rp. 3.000/ orang
  • Parkir motor: Rp. 3.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.000
  • Sewa perahu: Rp. 5.000/ kapal

Kamu hanya perlu membayar lagi jika ingin naik perahu dayung, menyewa sarana outbond, dan camping. Sisanya gratis.

Gak perlu kuatir ya kalau mau kelebet, di Taman Kelinci Kali Cemara Simo Boyolali ini sudah ada 2 toilet. Selain itu sudah ada beberapa kursi dan tempat berteduh. Kalau libur keluarga lebih baik bawa tiker dari rumah ya. Bisa lesahan sembari menikmati alam.

Salut dech buat warga sektiar yang telah menghadirkan tempat wisata dengan wahana yang gak itu-itu saja. Meski wisata buatan, namun menarik untuk dikunjungi plus gak perlu jauh-jauh dech pergi ke Jogja untuk menikmati wisata yang serupa.