Tempat Wisata Mangrove Purworejo – Demang Gedi

Diposting pada

Ternyata ada tempat wisata Mangrove Purworejo lho geng, namanya Demang Gedi. Wisata dengan suguhan hutan bakau plus spot foto ini bahkan bisa dikatakan satu-satunya wisata mangrove milik Kab. Purworejo lho”kalau gak salah sih”. Maka bisa dibilangin ya rumah mangrove Kabupaten Purworejo Jawa Tengah di Demang Gedi ini.

Tempat Wisata Mangrove Purworejo
instagram.com/bingkaipurworejoberirama

Tak hanya hamparan hutan pinus, obyek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, ada spot selfie, hingga pendopo, bahkan pengunjung juga bisa menyambangi pantai sekaligus di tempat piknik ini.

Ada apa di Mangrove Demang Gedi

Hamparan hutan mangrove yang berada di sisi sungai terlihat begitu hijau dan lebat. Sungainya pun juga begitu luas, dengan demikian, pengunjung bisa mendapatkan view hamparna yang elok dari saat menyambangi lokasi ini.

Selasar kayu

Seperti halnya hutan pinus pada umumnya, untuk memfasilitasi pengunjung menyusuri areal wisata, sudah ada jalan selasar kayu yang begitu panjang. Wisata yang berada di sisi timur Pantai Dewa Ruci ini pun juga memiliki jembatan penyeberangan yang terbuat dari bambu.

Pendopo

Selepas melewati jembatan yang ada di dekat pintu masuk pengunjung bisa menjumpai sejumlah pendopo yang bisa digunakan untuk berbagai acara, terutama acara yang bersifat kolosal. Diantara selasar jembatan dan hutan bakau juga terdapat beberapa ruang yang juga cocok untuk untuk rombongan.

Spot foto

Dengan menyuguhkan wisata ala jaman now ada berbagai spot foto yang berada di sisi jalan kayu tersebut yang tak kalah instagramable dengan obyek wisata swafoto lainya. Ada pula tempat bersantai di tengah sungai yang asik banget.

Pantai hutan Mangrove Purworejo

Bahkan menariknya lagi, pengunjung juga bisa menuju ke arah Pantai dari areal ini.  Pantai hutan Mangrove Purworejo ini bisa capai hanya dalam beberapa menit saja dengan cara yang mudah.

Pantai hutan Mangrove Purworejo
instagram.com/anjasptra

Setelah meniti jembatan kayu setelah pintu masuk, kamu turun “lewat bawah sih juga bisa hehe”, lalu kamu lurus melewati jembatan beton. Lalu kamu akan melewati sejumlah tambak udang. Nah setelah tambak udang itulah pantai sudah kelihatan.

Wisata Purworejo yang satu ini pun juga sudah dilengkapi dengan areal parkir yang luas. Kendaraan motor dan mobil bahkan skala minibus pun bisa parkir disana. Kalau motor, bisa tu parkir dekat warung-warung yang mana tepat di depan area penarikan tiket.

Tiket masuk hutan mangrove Purworejo

Soal besaran tiket masuk Hutan Mangrove Purworejo Demang Gedi ini kamu gak perlu kuatir. Setiap pengujung cuma dikenakan tiket masuk sebesar 4 ribu saja. Lalu untuk biaya parkirnya pun juga standar pada umumnya yakni cuma 2k saja. Dengan demikian, cukup dengan 6k saja sudah bisa puas jalan-jalan di area hutan bakau.

  • Tiket masuk: Rp. 4.000
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi tempat wisata mangrove Purworejo

Wisata Hutan Mangrove Demang Gedi Purworejo ini ternyata begitu mudah dijangkau. Lokasinya sebenarnya juga tak jauh dari Hutan Mangrove Jembatan Api-api dan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo, yakni sama-sama di Jl. Daendels. Ada tulisan ‘Demang Gedi’ ditengah jalan yang mengarah ke obyek wisata ini.

  • Alamat: Desa Gedangan, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah

Dari tulisan warna kuning tersebut, kamu tinggal putar balik lalu masuk ke gang yang ada di selatan jalan (jika dari arah barat), namun jika dari arah Timur selepas melewati Jembatan Congot, tinggal belok kiri masuk ke Desa Gedangan di gang sekitar tulisan yang ada di tengah Jl. Daendels tersebut.

Demang Gedi
instagram.com/mtriprasetya

Namun sayangnya untuk wahana sepeda air alias bebek air di tempat wisata Mangrove Purworejo Demang Gedi ini tidak beroperasi. Padahal jika dibuka, pengunjung bisa menikmati keindahan hutan mangrove dari tengah sungai sembari berswafoto. Dengan demikian, mungkin saja obyek ini akan lebih menarik lagi dan bisa saja menjadi salah satu unggulan di Kabupaten yang berada di sisi barat Jogja ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *