Tiket Masuk Museum Batik Pekalongan 2020

Diposting pada

Besaran harga tiket masuk Museum Batik Pekalongan 2020 sangat penting untuk diketahui secara pasti. Ya karena sebelum kesana memang akan lebih baik mengetahui kepastian HTMnya. Walau demikian, kamu gak perlu kuatir, karena ternyata ongkos masuk kesannya murah pakai banget lho geng. Akan tetapi, sebelum kesana, kita akan ulas bentar soal sejarah museum kenamaan ini.

Tiket Masuk Museum Batik Pekalongan
instagram.com/beritapekalongan1

Gedung yang sebenarnya bekas kantor Balai Kota Pekalongan ini sudah ada sejak pada masa kolonial Belanda. Namun sebelum jadi Balai Kota, tempat ini merupakan kantor keuangan pabrik gula. Gak tanggung-tanggung, ada 7 pabrik gula sekaligus. Barulah pada tahun 2016 tepatnya tanggal 12 Juli, Museum Batik Pekalongan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono.

Tujuan dan manfaat Museum Batik Pekalongan

Secara jelas apabila kamu datang ke tempat bersejarah ini kamu bisa mengenal berbagai jenis batik. Tak hanya Pekalongan saja, namun ternyata aga jenis-jenis batik yang berbeda-beda dari seluruh Nusantara. Lalu selain bisa mengenal jenis batik, kamu juga bakal bisa mengenal asal – usul batik, cara membuat batik, sejarah batik, bahkan kamu pun bisa praktik membatik secara langsung. Pokoknya, segala yang berhubungan dengan batik ada di museum dengan ruang memanjang ini.

Beberapa koleksi Museum Batik Pekalongan

Di museum ini banyak sekali menyimpan koleksi batik-batik nusantara. Tak hanya patik Pekalongan saja, namun ada berbagai batik dai penjuru tanah air hingga luar negeri yang sebagian sudah ada disana puluhan tahun lalu dengan jumlah mencapai 1149 batik. Sebut saja batik daerah pesisir, daerah pedalaman, batik jawa, kalimantan, papua, dan kain jenis teknik batik dari negeri seberang. Koleksi-koleksi ini pun ada yang berupa batik tua dan ada pula yang modern.

Tak hanya batik tulis dan cap saja yang ada disana, kamu pun bisa menemukan alat-alat yang digunakan untuk membatik baik untuk membuat batik tulis maupun cap. Ada pula berbagai bahan-bahan digunakan untuk menorehkan diatas kain. Ada pula alat tenun tradisional atau alat tenun bukan mesin.

Ruang pamer Museum Batik Pekalongan

OW kebanggaan warga Pekalongan ini juga telah dilengkapi dengan ruang pamer. Ruangan ini pun jumlahnya mencapai 3 buah. Ruang – ruang tersebut telah ditata dengan sangat baik dan estetis sedemikian rupa, bahkan lengkap dengan AC.  Ruang utama digunakan untuk memamerkan koleksi batik khas daerah pesisir jawa seperti cirebon, Pekalongan, batang, dan rembang serta berisi alat serta bahan pada proses pembuatan batik. Ruang kedua berisi batik yang disumbangkan oleh para pejabat negara, misal ari SBY, Wakil Presiden Budiono , Hatta Rajasa, Kristiani Herrawati, dan Ainun Habibie. Ruang ketiga yang juga dikenal dengan Ruang Batik Nusantara berisi koleksi batik dari Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, dan Papua.

Membatik di Museum Batik Pekalongan

Tak hanya bisa keliling-keliling saja, di alah satu museum bersejarah ini, pengunjung juga bisa mencoba membantik. Disana sudah ada canting dan bahan-bahan lain termasuk sudah ada kain yang siap kamu ukir. Tak hanya bisa membatik batik tulis gratis, kamu pun bisa bikin batik kombinasi (cap dan tulis) sekaligus.

Museum Batik Pekalongan
instagram.com/afkarnabila

Tak hanya diperuntukkan untuk pengunjung, ternyata Obwis ini juga menjadi pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik. Dengan demikian, baik masyarakat umum, pelajar, hingga mereka yang berasal dari institusi pun diperkenankan belajar membatik disana.

Museum Batik Pekalongan memang memiliki fasilitas umum yang sangat memadai. Ada masjid yang nyaman untuk sholat berjamaah, ada lahan parkir yang luas, ada ruang perpustakaan, kedai batik, ruang workshop, ruang pertemuan, dan ada ruang konsultasi atau pelayanan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Tiket masuk Museum Batik Pekalongan

Meski sudah terkenal seantero pelosok negeri, ternyata tiket masuk Museum Batik Pekalongan 2020 ini tetap saja murah dan sangat terjangkau. Setiap orang hanya dikenakan tarif sebesar 5k saja. Meski meriah, ternyata disana juga sudah ada pemandu yang siap membantu kamu belajar lebih mendalam dan detail.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000/ orang

Alamat Museum Batik Pekalongan

Wisata sejarah plus edukasi ini berada di lokasi yang strategis, yakni berada di pusat Kota Pekalongan. Lebih tepatnya terletak dekat dengan simpang 5 atau 0 km Pekalongan. Pokoknya strategis banget jadi rute menuju Museum Batik Pekalongan tidak lah sulit yang mana searah dengan Pantai Pasir Kencana dan wisata Bahari Pekalongan.

  • Alamat: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141
  • Telepon: (0285) 431698

Jam buka

Salah satu tempat bersejarah di Kota Pekalongan ini tidak mengenal libur. Kamu pun bisa datang mulai dari hari senin hingga ahad. Jam buka mulai dari dari pukul 08.00 WIB hingga jam 15.00. Dengan jam tutup hanya sampai jam 3, pastikan kamu datang pada pagi hari atau siang hari.

  • Jam buka: 08.00–15.00 WIB

Sesuai ulasan diatas, harga tiket masuk Museum Batik Pekalongan 2020 ini sangatlah murah. Fasilitas dan aktivitas wisata disana pun juga cocok untuk rekreasi hingga belajar khususnya seputar batik. Tak salah apabila tempat bersejarah ini wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Pekalongan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *