Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung

Diposting pada

Berada di daerah dataran tinggi tidak heran jika Bandung memiliki banyak sekali potensi wisata alam. Di kota kembang ini ada salah satu wisata danau yang lokasinya ada di Ciwidey yaitu Situ Patenggang. Berada di kawasan pegunungan, wisata situ ini dikelilingi oleh deretan pepohonan yang rindang. Semilir angin sejuk khas pegunungan juga menyelimuti kawasan wisata ini. Tak jauh dari lokasi wisata juga ada perkebunan teh. Kalau kalian sedang berjalan – jalan di Bandung Selatan jangan lupa mampir kesini ya. Sebelum meluncur yuk cek dulu info tiket masuk Situ Patenggang Bandung.

Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung
instagram.com/opang.sopanji

Keindahan Situ Patenggang

Situ Patenggang bisa kalian masukkan ke daftar referensi destinasi liburan kalian nih. Danau seluas 45.000 hektar ini menawarkan pemandangan yang masih sangat asri. Tempat wisata ini termasuk ke dalam bagian cagar alam seluas 123.000 hektar. Situ Patenggang berasal dari kata “situ” yang dalam bahasa sunda berarti danau dan “peteangan – teangan” yang bermakna saling mencari. Konon menurut cerita di tempat ini dulunya merupakan tempat pertemuan antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Karena cinta mereka yang sangat dalam meskipun telah lama terpisah akhirnya mereka di pertemukan kembali tepatnya di batu cinta. Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuatkan perahu yang akan digunakan untuk berlayar bersama. Dan menurut legenda perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah Situ Pateangan ini.

Di lokasi wisata ini selain bisa menikmati pemandangan pegunungan dan kebun teh, pengunjung juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner di Pinisi Resto. Gak hanya itu saja, wisatawan bisa merasakan sensasi menginap di Lake Glamping. Disana juga sudah tersedia berbagai fasilitas seperti parkir, mushola, toilet, gazebo, naik perahu dan toko souvenir.

Kapal Pinisi Resto

Ada yang menarik dari wisata situ ini, yaitu resto yang berbentuk sebuah kapal pinisi. Resto ini sengaja dibangun menyerupai kapal tradisional nenek moyang kita. Selain desain bangunannya yang unik, tempat makan ini menyediakan berbagai menu khas sunda, menu nusantara bahkan menu – menu mancanegara. Harga makanan dan minumannya sangat terjangkau lho guys. Selain makan kalian juga bisa berfoto – foto dengan view kapal pinisi resto ini.

Situ Patenggang
instagram.com/hellojabar

Glamping Lakeside

Bagi yang ingin mencoba sensasi menginap di alam terbuka, kalian bisa menginap di Glamping Lakeside. Lokasi penginapan ini ada di tepi danau dengan bentuk tenda – tenda yang mewah gitu deh. Dari tenda kita bisa melihat hamparan air danau situ patenggang ini. Tersedia berbagai tipe dan harga penginapan, jadi bisa disesuaikan dengan budget kalian. Nikmati keseruan bermalam di tepi danau sambil menyalakan api unggun, bakar jagung dan bercengkerama dengan teman, saudara ataupun pasangan kalian.

Alamat dan jam buka

Lokasi wisata danau ini berada di Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Atau kalian juga bisa cek lokasinya di Google Map.

  • Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Map: klik disini
  • Jam buka: 08.00 – 17.00

Situ Patenggang ini berada di ketinggian 100 mdpl dan dikelilingi oleh kebun teh. Jika berangkat dari pusat kota Bandung, kita akan menempuh jarak sekitar 50 KM untuk sampai ke lokasi. Dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kondisi lalu lintas lancar. Wisata ini buka dari jam 8 pagi – jam 5 sore.

Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung

Harga tiket masuk Situ Patenggang Bandung cukup terjangkau lho guys. Hanya 18.000 saja untuk wisatawan lokal dan khusus untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif 135 ribu. Berikut HTM dan tarif parkir Situ Patengan.

  • HTM : Rp 18.000 (weekday), Rp 20.500 (weekend & hari libur)
  • HTM turis asing: Rp 135.000 (weekday), Rp 185.000 (weekend & hari libur)
  • Parkir motor: Rp 3.500
  • Parkir mobil: Rp 11.500
  • Parkir bus/ truck: Rp 22.000
Situ Patenggang Bandung
instagram.com/dolisky

Baca juga: Harga Tiket Masuk Taman Begonia Bandung

Harga tiket dan tarif parkir bisa berubah sewaktu – waktu. Tapi walaupun ada perubahan, tiket masuknya tetep terjangkau dan gak bikin kantong kita bolong deh. Jangan lupa juga untuk menjajal sajian kuliner di Kapal Pinisi resto dan bermalam di Glamping Lakeside Rancabali. Dijamin liburan kalian pasti akan sangat berkesan deh.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *