Wisata budaya Jogja
Instagram jogjaviews

Wisata Budaya Jogja, Wah Segini Toh Harga Tiketnya

Diposting pada

Wisata budaya Jogja menjadi pilihan bagus untuk mengisi waktu luang, selain Jogja terkenal dengan julukannya sebagai kota pelajar, namun jogja juga dikenal dengan kota budaya dan memiliki spot-spot wisata yang banyak ragamnya.

Salah satu contohnya adalah wisata budya selai wisata Malioboro yang terkenal di Jogja. Wisata budaya ini mengenalkan cultur budaya dan adat istiadat yang masih dianut Kota Jogja hingga saat ini.

Jika ingin mengetahui cultur budaya yang ada dikota kecil ini, Silahkan mengunjungi beberapa tempat wisata budaya Jogja yang direkomendasikan. Hmm deginal kira-kira untuk harga tiket masuknya.

1. Keraton Jogjakarta

Berdiri sejak adanya kesepakatan Perjanjian Giyanti hingga saat ini. Keraton Jogjakarta sudah mengalami beberapa kali pemugaran, namun bangunannya tetap dibiarkan sama sehingga tidak menghilangkan nilai-nilai leluhur yang sudah ada sebelumnya.

Walaupun hingga kini masih difungsikan sebagai pusat pemerintahan hingga sebagai tempat tinggal Sultan ke X, Keraton Jogja juga dibuga sebagai tempat atau objek wisata bak untuk wisatawan domestik ataupun internasional.

Lokasi keraton berada di alun-alun utara, pas di Pusat Kotanya Jogjakarta. Untuk dapat masuk ke keraton Anda cukup membeli tiket wisata terlebih dahulu sebesar Rp 7.000-Rp 10.000. untuk jam buka Keraton sendiri dimulai pukul 08.00-14.00 khusus hari biasa, untuk weekend keraton hanya melayani wisata hingga pukul 12.00 saja

Baca juga:  Hotel Dekat UNY Jogja, Ada Sebanyak Ini Ternyata

2. Taman Sari Jogjakarta

Taman Sari Jogja dulunya merupakan sebuah kebun istana keraton yang dibangun di bekas keraton lama Jogja.

Taman Sari memiliki 4 bagian bangunan inti antara lain danau buatan yang di sebelah barat, Pemandian Umbul Binangun yang lokasinya ada di sebelah selatan danau buatan, Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang lokasinya ada pada bagian sebelah timur di bagian pertama dan kedua keraton.

Lokasinya tidak jauh dari keraton utama, cukup jalan kaki saja bersama kerabat maka akan sampai ke lokasi tanpa rasa lelah.

Harga tiket khusus wisatawan domestik biasanya di kenakan sebesar Rp 5.000 dan Rp 15.000 khusus wisatawan asing

3. Situs Warungboto

Lokasinya berada di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164.

Situs ini merupakan situs cagar budaya yang dilindungi dan dibuka sebagai situs sejarah khusus edukasi dan pendidikan.

Baca juga:  Wisata Seru Bermain Air di Pantai Tikus Emas Bangka

Walaupun bentuknya hampir sama dengan Taman Sari Jogja, Situs Warungboto memiliki dua kolam dengan bentuk yang berbeda yaitu kotak dan lingkaran.

Khusus kolam lingkaran ini terdapat sumber air atau air mancur yang mengalir ke kolam yang berbentuk persegi.

Karena pemandangannya yang aesthetic tempat ini sering digunakan sebagai tempat pengambilan foto prewedding.

Saat masuk ke wisata ini biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000-Rp 5.000 saja. Nanti akan ada jasa guide yang akan menerangkan cerita di balik situs Warungboto dan wisatawan biasanya akan memberikan uang atau tip service seikhlasnya.

4. Goa Selarong

Goa selarong berada di pegunungan kapur. Disekitar goa ini masih memiliki banyak pepohonan yang rindang sehingga tempatnya lebih sejuk.

Jika masuk lebih dalam lagi, akan ditemukan sebuah curug atau air mancur yang memiliki sumber mata air yang menyegarkan.

Dulunya Goa ini menjadi tempat Pangeran Diponegoro dalam menyusun strategi perang gerilya melawan kumpeni.

Untuk dapat menyusuri Goa ini, datang langsung saja ke alamat 48Q7+6W9, Waktu Gedug, Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Terakhir untuk masuk ke wisata ini harga tiket masih sekitar Rp 3.000 hingga Rp 15.000. Untuk datang kewisata ini, pengunjung dapat datang di pukul 08.00-16.00WIB

Baca juga:  Bus Semarang Purworejo, 2 PO Bus Eksekutif Ini Solusinya

5. Museum Batik Hotel

Jika tertarik mengunjungi museum ini, datang langsung saja ke Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211.

Museum merupakan salah satu wisata budaya Jogja yang menyimpan beberapa karya batik yang dibuat oleh pra pengrajin batik yang ada di Jogjakarta

Museum batik memiliki jumlah koleksi kurang lebih sebanyak 1200 buah koleksi yang terdiri dari kain batik dan peralatan membantik seperti cantig, wajan, anglo, dll

Harga tiket masuk ke museum batik sekitar Rp 20.000. Untuk pelatihan membatik, biasanya akan dikenakan biaya Rp 40.000 persatu jam atau bisa juga mengambil paket khusus membantik sekitar Rp 85.000 hingga Rp 95.000

Museum Batik Jogja memiliki keunggulan koleksi kain batik sejak pasa abad 18 sampai awal abad 19 berupa kain ataupun sarung.

Selain itu terdapat juga koleksi batik karya Van Zuylen dan Oey Soe Tjoen dan batik-batik yang dibuat sekitar tahun 1700an

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *