Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya
instagram klik_rasalalu

Yakin! Nggak Akan Bosan Jika Menjelajahi Wisata di Semarang, Yuk Gas ke Sana

Diposting pada

Wisata di Semarang memang memiliki daya pikat sendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasalnya kota yang tidak pernah sepi ini, kecuali di masa covid-19 memiliki ragam pilihan wisata yang seru dan menyenangkan.

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan julukannya sebagai kota jamu, dimana kota tersebut merupakan tempat berdirinya perusahan-perusahaan jamu terbesar di Indonesia.

Selain itu kota Semarang juga terkenal dengan kulinernya yang enak-enak dan tentunya memanjakan lidah. Jika berlibur ke kota ini di jamin tidak akan memiliki rasa bosan karena banyak tempat wisata di Semarang yang dapat di jelajahi.

Ingin tahu wisata apa saja yang ada di Semarang, Yuk simak informasi berikut ini, siapa tahu referensi ini bisa digunakan sebagai rencana perjalanan liburan sobat.

1. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan tempat ibadah umat Budha yang lokasinya berada di depan Markas Kodam IV Diponegoro atau di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang.

Pagoda Avalokitesvara memiliki design yang unik dimana tempat ibadah ini memiliki tujuh tingkatan dengan design yang semakin ke atas semakin menyempit.

Pagoda ini juga sering dijuluki sebagai Pagoda Cinta Kasih karena terdapat patung Dewi Kwan Im di dalamnya yang dimana patung terebut menyimpulkan sebagai Dewi cinta kasih.

Bagaimana pagoda ini bisa berdiri? Disebutkan jika ada seorang Bhikkhu Ashin Jinarakkhita yang bernama bernama The Boan An bertemu dengan Goei Thwan Ling seorang tuan tanah di kota semarang yang menghibahkan tanahnya dengan ikhlas untuk membangun tempat ibadah tersebut.

Baca juga:  Travel Jogja Sidoarjo, Tiket Murah Pengantaran sampai Rumah

Bangunan ini walaupun berfungsi sebagai tempat ibadah tidak menutup diri untuk dikunjungi oleh khalayak umum sehingga dapat dikunjungi oleh siapa saja dan terbuka untuk pariwisata.

Tidak perlu membayar tiket masuk jika berkunjung ke sini. Biasanya, wisatawan hanya akan dikenai biaya parkir saja.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Stasiun kereta ini di bangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) dan di resmikan pada tahun 1897.

Dahulu nama stasiun kereta api ini adalah Stasiun Willem I yang berfungsi untuk mengangkut komoditas sumber alam dan transportasi militer.

Pada tahun 1976 tepatnya di tanggal 6 Oktober, di dirikanlah Museum Kereta Api Ambarawa yang dicanangkan oleh Gubernur Jateng pada saat itu.

Tujuan pendirian museum ini adalah untuk menyelamatkan dan melestarikan lokomotif uap tentunya juga di fungsikan sebagai daya tarik wisata.

Jika ingin mengunjungi tempat ini biasanya pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk dewasa, Rp 10.000 untuk anak-anak & pelajar, dan Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara,  wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00-16.00 WIB.

3. Cimory On The Valley

Wisata di Semarang lainnya adalah Cimory On The Valley, namun tempat wisata ini telah berganti nama menjadi Dairyland on The Valley per tanggal 1 Januari 2023.

Wisata ini sangat menarik, karena ada terdapat beberapa jenis hewan seperti unta, kelinci, domba, kuda poni, dan hewan lainnya yang dapat berinteraksi dengan manusia.

Baca juga:  Ada loh Museum Multatuli, 4 Berbagai Momen Sejarah Jaman Now

Ada juga Dairyland Dry Waterpark yang sudah di buka untuk umum, Moo Moo Train, Dairyland Sky Ride dimana pengunjung dapat melihat objek wisata dari ketinggian, miniatur icon terkenal dunia seperti Menara Pizza dan masih banyak lainnya.

Diwisata ini pengunjung juga dapat berbelanja di toko yang tersedia atau menikmati kuliner di Restoran Dairyland on The Valley yang tentunya menyediakan berbagai ragam pilihan menu.

Bagi yang tertarik untuk mengunjungi wisata ini silahkan menyiapkan uang yang cukup karena beberapa fasilitas di dalam wisata ini berbayar. Kalau untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp 15.000/orang.

Pengunjung dapat datang langsung ke Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552 jika tertarik untuk berwisata ke tempat ini

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan peninggalan masa kolonial yang pada saat itu bangunan ini di fungsikan sebagai Pusat Perusahaan Kereta Api Swasta (Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij-NIS).

Sebenarnya banyak hal menarik di wisata Lawang Sewu ini seperti model bangunannya yang unik, atau koleksi-koleksi yang dipamerkan seperti koleksi Alkmaar, Replika Lokomotif Uap, Surat Berharga, dan lainnya.

Jika ditilik kembali, daya tarik bangunan khas Belanda ini berada di ruang bawah tanahnya yang telah di tutup sejak tahun 2014 lalu.

Baca juga:  Omah Kelinci Karangpandan - Harga Menu dan Lokasi

Banyak diceritakan kisah-kisah misteri dan horor karena dahulu ruangan ini sempat digunakan sebagai penjara di masa pendudukan Jepang dan sebagai tempat pembantaian.

Biasanya, pengujung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 20.000 untuk orang dewasa, Rp 10.000 untuk peajar, dan Rp 30.000 untuk wisatawan manca negara.

Datang langsung saja ke Jl. Pemuda No.160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132, jika tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Tempat wisata ini buka setiap hari 08.00 – 17.00 WIB khusus Weekday (hari kerja) dan pukul 08.00 – 20.00 WIB khusus Weekend (hari libur)

5. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang merupakan wisata yang masih hangat di bicarakan hingga kini. Awal mula wisata ini terbentuk ketika ada sebuah foto yang menyebar dan menjadi viral dimana foto tersebut memperlihatkan seseorang mengambil selvi dengan background batu tebing yang apik.

Wisata ini merupakan bekas tambang penggalian pasir bagian C yang telah di tinggalkan sejak puluhan tahun lalu.

Jika kewisata ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis, dan juga tempat wisata ini belum memiliki akses jalan yang cukup baik karena memang sebenarnya tempat ini tidak dikelola untuk wisata.

Karena viral, tempat ini kini menjadi kawasan jujugan wisata popular bagi pengunjung yang memiliki hobi photography karena keindahan bentang alam yang ditawarkan sungguh menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *