Wisata Pincuran Gadang – Wisata Pemandian di Agam

Diposting pada

Wisata Masjid Pincuran Gadang menyimpan potensi yang besar. Selain memang ada Masjid Tua yang lekat akan sejarah di sisinya juga terdapat kolam pemandian dengan sumber mata air perbukitan. Peningalan Tuanku Imam Bonjol ini kini mendapatkan perhatian dan telah menjadi tempat wisata di Kabupaten Agam.

Wisata Pincuran Gadang
instagram.com/exploreminang

Ada banyak wahana yang disajikan baik yang cocok untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Selain bisa menelisik Masjid Tuo Pincuran Gadang, pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah wahana yang menarik.

Rekreasi di Pincuran Gadang

Sekilas apabila kita mendengar Pincuran Gadang mungkin akan langsung berkonotasi dengan Masjid lawas disana. Namun sekarang potensi wisata disana sudah dikelola terutama areal kolam alami yang bersumber dari mata air perbukitan. Nah wahana rekreasi yang bisa dinikmati antara lain:

Kolam pemandian

Memang ada kolam jernih dengan ukuran yang luas. Potensi ini kemudian dikembangkan dan jadilah 3 kolam sekaligus di areal ini. Ada kolam untuk laki-laki, kolam untuk wanita, dan kolam anak. Dimana masing – masing kolam terpisah yang wana merupakan wujud dari implementasi Agam madini yang diajarkan dalam adat basandi syrak, syarak basandi kitabullah.

Wisata religi

Keberadaan Masjid Tuo Pincuran Gadang yanga sudah berusia hampir dua abad ini merupakan bukti sejarah islam di Luhak Agam yakni peningalan Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol pada perang Paderi. Selain itu masjid ini juga sebagai pusat penyebaran agama Islam sekaligus sebagai basis pertahanan, maka tidak pelak lagi kalau masjid ini menjadi salah obyek wisata religi di Kab. Agam.

Taman bunga

Semenjak diperhatikan oleh pemerintah setempat, kini ada taman bunga yang menghiasi areal wisata ini. Dengan tatanan yang rapi asik buat foto – foto.

Lokasi Wisata Pincuran Gadang

Pincuran Gadang
instagram.com/ianpiliang

Pengunjung bisa langsung menuju ke areal Masjid Tuo Pincuran Gadang di Nagari Matua Hilia, karena wiata ini memang mengelola potensi ada alam sekaligus masjaid yang sudah berdiri sejak 1825 tersebut. Pencarian di Google bisa menggunakan kata kunci “Masjid Tuo Pincuran Gadang”.

  • Alamat: Jorong Batu Baselo, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumetara Barat

Keberadaanya sebagai saksi sejarah di Sumatera Barat, obyek wisata ini juga layak di sebut sebagai destinasi wisata sejarah di Indonesia, terutama terkait dengan peradaban Islam masa silam.

Dengan terpampangnya tulisan “Pincuran Gadang” menandai bahwa areal ini bukan lagi hanya sekedar pemandian tradisional namun sudah manjadi obyek wisata keluarga yang memadai. Pengunjung bisa mengulik sejarah penyebaran agama Islam oleh Tuanku Imam Bonjol sekaligus berkreasi bersama keluarga.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *