Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar/dyogya

Air Terjun Tlogo Muncar, Destinasi Wisata Menyegarkan di Yogyakarta

Diposting pada

Air Terjun Telogo Muncar memiliki ketinggian 878 mdpl. Ketinggian Air terjunnya sendiri sekitar 30-40 meter dan merupakan salah satu wisat hits di Kaliurang

Konon dimasa era pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VII, air terjun ini difungsikan sebagai tempat pemandian pusaka-pusaka keraton dan juga digunakan untuk berbagai acara ritual adat.

Dipercaya, jika air yang mengalir dari telogo ini dapat mendatangkan berkah yang melimpah ruah. Namun ada juga yang mengatakan jika dahulunya telogo ini juga digunakan sebagai tempat pemandian para bangsawan kerajaan.

Pada era tahun 1960an walaupun sudah di fungsikan sebagai objek wisata air terjun ini masih banyak dikunjungi oleh peziarah untuk melakukan ritual dengan memberikan sesajen, ritual tukon pasar, mandi, dan meditasi.

Sayangnya, pada tahun 2006 air terjun di telaga ini mengalami dampak akibat dari peristiwa gempa bumi di tahun 2006 dan erupsi Gunung Merapi di tahun 2010.

Batu-batu yang ada di sekitaran telaga menjadi bergeser yang mengakibatkan pengalihan aliran air dan menjadikan pancaran aliran air menjadi lebih kecil.

Baca juga:  Museum Ullen Sentalu Jogja dan Kisah Cinta Putri Tineke

Saat erupsi Merapi pun air terjun di telaga ini juga ikut terbakar sehingga mengakibatkan tumbuhan disekitar telaga ini menjadi mati dan mengering sehingga tidak ada media yang dapat menahan air.

Walaupun begitu, suasana keasrian yang diberikan masih terasa sangat alami dan air yang dimiliki oleh telaga ini masih mengalir hingga saat ini.

Yang Membuat Air Terjun Telogo Muncar Menarik

Selain panorama bentang alam yang mengagumkan dapat dipastikan air di telaga ini masih terjamin kesegarannya dan belum tercemar sama sekali.

Di sekitar air terjun telaga ini, Anda dapat melakukan aktivitas seru dan menyenangkan bersama dengan keluarga atau kerabat Anda.

Anda dapat bermain di sekitar area air terjun bersama teman atau pun kerabat Anda. Lalu pastikan jika Anda membawa baju ganti jika mengunjungi wisata ini karena dapat dipastikan Anda akan basah dan harus mengganti pakaian Anda.

Baca juga:  10 Tempat Rental Mobil Solo Plus Harga Sewanya

Selain aktivitas tersebut Anda dapat melakukan camping ground di alam bebas di area yang sudah di siapkan oleh pihak pengelola, dan berburu spot-spot foto yang seru juga menarik.

Jangan kaget bila nantinya Anda akan menjumpai sekawanan monyet bermain di sekitar area lokasi wisata.

Monyet-monyet di area ini sudah ramah dan akrab dengan manusia sehingga tidak mengganggu ataupun membuat pengunjung was-was.

Anda juga dapat memberi makan monyet-monyet tersebut dengan membeli kacang-kacangan yang dijual di sekitar area objek wisata.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasioan Wisata di Telogo Muncar

Harga tiket masuk kewisata ini sekitar Rp 8.000/orang cukup murah bukan? Sedangkan untuk biaya parkir Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk jam operasional, Anda dapat menikmati objek wisata ini kapanpun karena objek wisata ini buka selama 24 jam setiap hari.

Baca juga:  Apa Fungsi Patung Sapi di Boyolali, Banyak yang Belum Tahu Kalau Ternyata..

Alamat dan Fasilitas Yang Tersedia

Bila Anda tertarik untuk berwisata ke salah satu wisata Lereng Merapi ini, Anda dapat langsung datang ke alamat wisata yang berada di Jalan Tlogo Putri, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Fasilitas pendukung untuk kenyaman wisatawan juga sudah memadai di lokasi ini. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain warung makan, gazebo, kamar mandi umum, Mushola, tempat parkir yang luas, dan penginapan.

Dijamin saat liburan kesini Anda akan merasa senang, penat atau lelah yang Anda rasakan dapat Anda lepas sejenak.

Jalan-jalan tanpa repot, sewa mobil aja ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *