Kebun Raya Indrokilo Boyolali – Ada apa Saja?

Diposting pada

Tempat wisata Kebun Raya Indrokilo Boyolali atau singkat dengan KRIB memang merupakan destinasi baru. Meski baru seumur jangung namun jangan ditanya pesona. Selain memang diperuntukan untuk konservasi tanaman, kebu raya ini banyak menyediakan wahana yang menarik untuk berekreasi hingga berswafoto.

kebun raya boyolali Kebun dengan luas 8,9 hektr ini bisa dibilang sebagai wisata edukasi yang cocok untuk keluarga. Selain bisa mengenal berbagai keanekaragaman hayait mulai dari tanaman hingga bunga, pengunjung bisa mencoba wahan seperti Viewing Point dengan alas kaca, bermain di labirin, hingga minum air hujan.

Isi Kebun Raya Indrakilo Boyolali

Sebagai tempat rekreasi keluarga yang lengkap, di KRIB juga menyediakan sarana bermain anak. Apalgi dengan jalan dan areal yang bersih. Tempat juga berfungsi sebgai tempat penelitian dan pendidikan ini sayang untuk dilewatkan,  karena ada hal – hal berikut ini.

Aneka tamanam

Di kebun raya Boyolali ini terdapat ribuan jenis tanaman, dimana teridiri dari 6.707 jenis tanaman plus tanaman-tanaman tersebut telah diberi label. Bahkan sekarang ini jumlah tanaman langka mencapai 987 tanaman dan nantinya akan menjadi tempat konservasi berbagai jenis tanaman langka dari penjuru tanah air.

Air hujan siap minum

kebun raya indrokilo boyolaliDisalash satu sudut KBIH ada kran air, dimana kran ini bukan sembrang kran, namun air bersih yang siap minum. Airnya bukan dari air sumur atau PDAM melainkan dari air hujan yang telah disuling, maka disebut Air Hujan Siap Minum.

Labirin

Ada labirin yang terbuat dari tanaman. Selain bisa beswafoto, pengunjung bisa tu bermain dilokasi ini. Apalagi labirin ini dibentuk menyerupai gunungan wayang, makin unik kan.

Menara Pandang Kaca

Kamu bisa menikmati keindahan KRIB dari ketinggian yaitu di Menara Pandang alas kaca yang dikenal dengan Viewing Point ini. Sehubungan dengan lantainya berupa kaca, kamu diwajibkan melepas alas kaki dan maximal hanya 10 orang saja.

Taman Paku

Ada aneka jenis tanaman paku-pakuan di areal “taman paku” ini. Kamu bisa menemukan jenis tanaman ini mulai dari gerbang tamanya hingga dome dengan ukuran yang begitu besar.

Penyewaan sepeda

Kamu bisa muter-muter dengan sepeda yang disewakan di KRIB Boyolali ini. Harga sewanya murah kok cuma 5 ribu untuk durasi 2 jam.

Lokasi KRIB Boyolali

Meski disebut sebagai kebun raya, namun lokasinya tidak berada di areal pengunungan atau di dataran tinggi lainya, namun lokasinya mudah dijangkau, yakni tidak jauh dari Boyolali kota cuma sekitar 6 km. Sedangkan jarak dari arah Kota solo sekitar 26 Km. Agar lebih mudah, beirkut alamat dan peta lokasinya.

  • Alamat: Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah
  • Loc: Klik peta

Htm Kebun Raya Indrakilo

Pengunjung dikenakan biaya untuk memasuki KRIB sebesar 5 K saja. Dengan harga tiket masuk Kebun Raya Indrokilo Boyolali yang murah tersebut pengunjung sudah bisa belajar, bermain, dan berswafoto.

  • HTM: Rp. 5.000
  • Sewa sepeda: Rp. 5.000/ 2 jam

Meski belum rampung 100 persen, namun perkembanganya begitu terlihat setiap tahunya. Nanti Kebun Raya Indrokilo bakal menjadi menjadi tempat wisata Boyolali yang keren. Tak cuma sebagai tempat rekreasi, namun wisata edukasi dengan mengusung konsep aneka ragam tanaman.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *