Pantai Maron Semarang – Sejarah, Tiket, Lokasi, Akses

Diposting pada

Pantai Maron Semarang merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi pada akhir pekan. Meski dikabarkan tutup ternyata obyek ini masih dikunjungi berdasarkan review dari sejumlah netizen. Jadi tak salah apabila kamu sudah ada jadwal travel ke tempat ini dalam waktu dekat ini.

Pantai Maron Semarang
instagram.com/mridwanhidayat

Sebenarnya pantai ini biasa saja, bisa dibilang gak ada yang istimewa. Namun dari sini kamu bakal bisa melihat kapal laut yang lalu lalang dari bibir pantai. Keberadaanya yang berada di dekat Bandara juga memunkinkan kamu melihat pesawat take off terasa begitu dekat. Cocokkah untuk sekedar refreshing.

Asal usul nama Maron

Sejarah akan asal usul nama pantai ini masih simpang siur. Ada dua sudut pandang yang berkembang hingga kini. Pertama nama Maron di berasal dari warna merah maron baret Penerbad (TNI Angkatan Darat). Hal ini karena memang lokasi ini masih milik TNI Angkatan darat.

Cerita yang kedua menyebutkan bahwa Maron merupakan singkatan dari Marina Kulon (Marina Barat). Secara geografis memang Maron berada di sisi barat Pantai Marina Semarang maka disebut sebagai Marina sisi barat (kulon).

Aktivitas di Pantai Maron

Meski tak se wah obyek lain, namun ternyata masih ada aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Berikut beberapa hal menarik yang perlu kamu coba saat menyambangi lokasi ini.

Bermain

Ombak di pantai tidak besar alias landai. Dengan begitu, pengunjung bisa bermain air hingga berenang. Bisa pula mengacak si kecil mengumpulkan kerang dan membuat istana pasir.

Jajanan

Ada banyak penjaja makanan disini. Kamu bisa menikmati laut sambil makan aneka jajanan. Ada tahu gimbal khas Semarang, bakso, rujak buah, leker, dawet, dan lain -lain.

Naik kapal

Pengunjung juga bisa menjajal naik kapal dari sini. Kurang tahu sih besaran harganya. Yang jelas bisa naik sekali keliling.

Matahari terbenam

Tak dipungkiri lagi, kalau sunset di tempat ini memang indah. Jadi sayang kalau dilewatkan. Tunggu hingga sore ya biar kamu bisa ambil gambar jingga yang khas dari sang surya.

Gak hanya itu saja, ternyata sudah ada toilet umum juga. Ya lumayan membantu kalau kamu ingin buang air kecil disana.

Tiket masuk Pantai Maron Semarang

Menurut info dari netizen, harga tiket masuk Pantai Maron Semarang cuma 5k saja. HTM ini sama murahnya di obyek-obyek lain di Semarang yang serupa seperti Pantai Marina, Pantai Baruna Semarang, dan lain sebagainya. Dengan demikian, bisa dibilang gak cuma murah, tapi meriah.

  • HTM: Rp. 5.000

Lokasi Pantai Maron Semarang

Pantai Maron West Semarang berada di sebelah timur Pantai Tirang Semarang, hanya terpisahkan oleh sungai Silandak. Lokasinya lebih dekat dengan Bandara Ahmad Yani, dengan demikian view pesawat take off lebih kentara dari sini, bahkan seolah hanya diatas kepala.

  • Alamat: Desa Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah

Akses Pantai Maron Semarang

Tempat ini bisa akses dari dua arah. Petama dari arah Bandara Ahmad Yani dan yang kedua dari Perumahan Graha Krapyak. Dari jalan raya kedua lokasi tersebut hanya berjarak sekitar 3 Km atau kurang lebih perjalanan kendaraan sekitar 10 menit. Apabila ingin parkir di sekitar Perumahan Graha Krapyak, kamu perlu jalan kaki dari ujung perumahan ke titik lokasi dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit.

Tiket masuk Pantai Maron Semarang
instagram.com/iwan_madari_images

Nasib Pantai Maron Semarang tidak ubahnya dengan Pantai Tirang, akses jalan menuju kesana masih alakadarnya, bahkan saat hujan turun, jalan menjadi becek. Lokasi kurang terawat dan keindahannya tertutupi oleh sampah.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *