Teh Medini Kendal
Instagram explorekendal

Jadi Seperti Ini Penampakan Kebun Teh Medini di Kendal

Diposting pada

Kebun Teh Medini Kendal merupakan salah satu wisata terkenal yang berlokasi di kendal dengan ketinggian lokasi sekitar 2.050 mdpl, wisata ini sering di sebut juga Negeri Awan karena lokasinya yang selalu diselimuti kabut tebal.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Semarang menjadikan tempat ini sebagai alternatif wisata masyarakat kota tersebut, karena lokasi wisata ini memiliki suasana asri dan udara yang sejuk serta bersih.

Menurut beberapa orang Kota Semarang memiliki udara yang cenderung panas dikarenakan kota ini merupakan kota dengan mobilitas tinggi dan sebagai salah satu pusat kota bisnis dan kota industri di Jawa Tengah.

Daya tarik Kebun Teh Medini Kendal

Dahulu sebelum beralih menjadi tempat wisata, kebun teh ini merupakan salah satu jalur utama pendakian ke Gunung Ungaran

Berlokasi dekat di lereng Gunung Ungaran, ternyata kebun teh ini sudah ada sejak masa kolonial, persisnya sudah ada sejak tahun 1901 dengan luas kebun sekitar 38 hektare.

Kawasan kebun teh yang berada di ketinggian 2.050 mdl ini tentunya memiliki udara yang sangat sejuk dan bersih, terkadang kabut sering menyelimuti area wisata ini menjadikan suasana di sekitar kebun lebih menyegarkan.

Baca juga:  Wisata Eling Bening, Bonus Pemandangan Rawa Pening

Panorama utama wisata ini adalah hamparan kebun teh yang membentang hijau dengan aroma khas daun teh (Camellia sinensis).

Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat indahnya Gunung Ungaran yang berada di bagian sisi selatan area kebun teh.

Daya tarik yang paling memikat wisatawan di wisata kebun teh ini adalah adanya Gua Jepang yang berada di tengah-tengah perkebunan teh Medini.

Gua ini dekat dengan kampung Promasan dan sering digunakan untuk transit para pendaki gunung sebelum summit attcak ke Puncak Gunung Ungaran.

Saat akan mengunjungi Gua Jepang ini pengunjung harus hati-hati karena jalur menuju gua ini terjal dan naik turun.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan sepeda gunung atau motor trail jika ingin berkunjung ke Gua Jepang tersebut.

Saat berjalan menyusuri lorong gua, pengunjung akan di suguhi sebuah lorong gelap dan lembang dengan lebar gua sekitar 1,5 meter dan panjang gua sekitar 12 meter. Jangan lupa gunakan headlamp sebagai alat penerangan untuk menyusuri gua tersebut.

Nantinya di ujung pintu keluar gua, pengunjung akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan dengan latar belakang Gunung Ungaran.

Baca juga:  Ada Ini lho di Museum Sangiran Seragen, Menarik Banget!

Biasanya pada hari libur banyak anak muda yang berkemah di area kebun teh.Area perkemahan ini dikenal dengan Perkemahan Promasan.

Area perkemahan ini telah menempati lahan khusus sehingga tidak akan merusak tanaman teh yang ada di sekitar kebun.

Saat berkemah dan bertemu pagi hari, pengunjung dapat melihat indahnya matahari terbit dari balik bukit di perkebunan teh ini.

Bagi pengunjung yang hobi menikmati kopi dapat datang langsung ke Kopi Pucu’e yang jaraknya sekitar 3 menit dari lokasi wisata dan dapat ditempuh via Puncak Nglimut yang jalannya sudah di cor halus, dari rute perjalanan ini pengunjung dapat melihat panorama kota Semarang dari atas.

Kopi andalan yang ditawarkan warkop ini adalah kopi Endemix ada juga teh khas Kendal yang dibuat warga sekitar yang bernama Teh Oyol.

Dari lokasi warung kopi ini pengunjung juga dapat menemui wisata lain seperti Curug Lawe Secepit dan sumber air panas yang bisa digunakan untuk mandi atau berendam.

Selain itu, lokasi kebun teh ini tidak jauh dari wisata Lawang Sewu Semarang dan Kota Tua Semarang, jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan saja.

Baca juga:  Sewa Alphard Vellfire, Harganya Mulai dari Segini

Harga tiket masuk ke Kebun Teh Medini Kendal

Harga tiket untuk menikmati wisata Kendal ini sebenarnya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 saja dan bagi pengunjung yang ingin berkemah di sana juga tersedia jasa persewaan alat camping.

Berdasarkan postingan Instagram pesonamedini, ada beberapa pilihan paket untuk menyewa peralatan camping tersebut.

Alat camping yang disewakan umumnya adalah tenda, sleepingbag, hammock, kompor, gas lpg, alat outbound, tikar dll. Tetapi ada juga pilihan beberapa paket sewa alat camping yang terdiri dari paket regular, paket medium, dan paket premium.

Lokasi dan jam operasional Kebun Teh Kendal

Jika tertarik untuk berwisata ke kebun teh ini, pengunjung dapat langsung datang ke lokasi wisata yang beralamat di Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357

Tentunya objek wisata alam yang sejuk ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi setiap harinya dan tidak ada patokan jam-jam tertentu. Objek wisata ini buka 24 jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *