Umbul Pengging, ini Harga Tiket Masuknya

Diposting pada

Umbul Pengging sudah banyak dikenal oleh mayarakat umum, meski sebenarnya bernama Umbul Tirtomarto namun “Pengging” terdengar lebih familiar. Hal ini karena umbul bekas peninggalan kerajaan Kasuhunan Surakarta ini berada di Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Dimana lebih gampangnya disebut “Umbul Pengging.”.

umbul pengging
instagram.com/dolanboyolali

Dalam satu kawasan Umbul Tirtomarto ini terdapat tiga umbul Sekaligus, dimana pengunjung bisa ciblon disalah satunya atau bahkan ketiganya. Dengan lokasi yang rindang dan banyak penjeja makanann hingga gorengan dengan harga yang ekonomis, tempat ini cocok untuk tujuan wisata keluarga di kota Susu.

Umbul di Pengging

Sebenarnya ada tiga buah kolam yang ada di Pengging ini, dimanana setiap kolam telah memiliki nama masing – masing. Namun masyarkat umum mengenalnya sebagai umbul Pengging, karena memang berada satu lokasi. Ketiga umbul tersebut adalah umbul Temanten, umbul Ngabean, dan umbul dudo.

Umbul Temanten

Umbul Manten terletak paling depan dan ukuranya juga yang paling besar. Bisa dibilang ini lokasi lumban (berenang) paling favorit. Kolam ini diperuntukan untuk anak- anak dan dewasa. Anak – anak bisa berenang pada sisi kolam yang sudah dibatasi dengan pagar besi sebagai pemisah antara anak – anak dan dewasa. Kedalaman kolam space untuk anak ini hanya sebetis orang dewasa. Namun kedalaman kolam utama dengan dasar berupa bebatuan ini mencapai 2 meter.

Buat yang belum jago berenang bisa menyewa ban dalam sebagai pelampung atau bisa juga langsung menuju ke Umbul Ngabean dan Umbul Dudo yang tidak terlalu dalam.

Umbul Ngabean

Umbul Ngabean juga bisa disebut kolam bundar, karena desainya yang bulat. Kedalaman kolamnya hanya sekitar 1,5 meter yang mana lebih dangkal dari pada umbul Temanten.

Umbul Dudo

Umbul Dudo berada tepat dibelakang Umbul Temanten atau Manten. Kolamnya lebih kecil dan tidak terlalu dalam. Kedalamanya hanya sekitar 1 meter. Namun tetap dengan air yang jernih dan saat air masuk hidung atau tidak sengaja meminumnya tidak membuat tenggorokan sakit.

Rute Umbul Pengging

Akses menuju ke Umbul Pengging sangat mudah. Dari arah Solo silahkan menuju ke arah Boyolali, setibanya dipertigaan Bangak, kamu lurus lagi. Setelah ada lampu merah lagi silahkan belok kiri arah Pengging. Dimana pertigaan tersebut juga sudah ada plang penunjuk arahnya. Setelah sampai di Pasar Pengging tetap ikuti jalanya dan pintu masuk utamanya ada di kiri jalan setelah belokan.

  1. Alamat: Umbulsari, Bendan, Kec. Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  2. Peta lokasi: Klik disini

Lokasinya berdekatan dengan Umbul Sungsang dan searah dengan Umbul Leses, bahkan lebih dekat jika dari arah Solo.

Sejarah Umbul Pengging

Sebelum dibuka untuk umum, umbul ini merupakan tempat pemandian yang diperuntukan para raja Surakarta. Pasalnya dulunya pemandian dengan sumber air alami ini dibagun oleh Raja Kasunanan Surakarta yaitu Sri Paduka Pakubuwono X.  Secara jelas masih terlihat banyak ornamen Keraton Surakarta, termasuk arsitektur bagunanya. Selain itu adanya tembok yang cukup tinggi sebagai tanda bahwa kolam ini adalah areal private para raja.

Setelah dibuka untuk umum, sekarang umbul ini bisa nikmati oleh lapisan masyarkat bahkan bisa dibilang kolam alami ini menjadi icon wisata di Kabupaten Boyolali.

Tiket masuk Umbul Pengging

Harga tiket masuk Umbul Pengging adalah sebesar Rp. 3.500. Tiket ini dibayarkan di pintu masuk utamanya saat akan memasuki Umbul. Setelah itu silahkan pilih tempat parkir disektiar pohon – pohon yang teduh. Untuk memasuki salah satu umbul yang ada, kamu perlu bayar lagi, namun dengan HTM yang murah yaitu cuma Rp. 1.500 sja per umbul.

  • HTM pintu masuk utama: Rp. 3.500,-
  • Masuk umbul: Rp. 1.500,-

Keberadaan Umbul Pengging masih lestari hingga saat  ini. Maka layak apabila menjadi salah satu tempat wisata Boyolali 2019 yang harus kamu kunjungi. Apalagi harga tiket masuknya murah. Cocok dech sebagai tempat rekreasi keluarga.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *