Gedong Pass Getasan – Aktivitas, Harga Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Sudah tak bisa dipungkiri lagi kalau Gunung Merbabu memang menyimpan banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Gedong Pass Getasan. Obyek yang juga dikenal dengan G Pass ini merupakan sebuah lereng yang asik untuk menikmati bentang alam yang luas. Pengunjung bakal disuguhkan dengan view pegunungan dan perbukitan dari ketinggian plus segarnya udara khas pegunungan.

Gedong Pass Getasan
instagram.com/anwaaaarr_

Tak hanya itu saja, bermaksud menghadirkan wisata kekinian, Gedong Pass Getasan pun disulap sedemikian rupa, sehingga muncullah sejumlah spot foto yang instagenic. Tak jarang pengunjung pun menyempatkan diri datang kemari untuk ambil gambar di spot-spot tersebut.

Aktivitas di Gedong Pass

Sekilas memang tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang dipadukan dengan spot foto. Namun sehubungan dengan lokasinya yang cukup tinggi, tempat ini asik untuk camping. Agar lebih lengkap yuk kita ulas aktivitas apa saja disana.

Berswafoto

Tak dipungkiri lagi kalau yang datang kemari ingin berswafoto. Hal ini tidak lepas dari adanya sejumlah spot disana. Kamu pun bisa menjajal ambil gambar di replika perahu kayu di bibir tebing, menara pandang alias tower, dan tulisan G Pass. Menariknya lagi, ternyata gak hanya indah dijepret pada siang hari, pada malam hari pun juga indah dengan latar lampu-lampu bak sungai bintang di langit.

Kemah

Bermalam di G Pass Getasan memang mantap. Kamu menikmati suasana pegunungan malam hari serta menyalakan api unggun dan lain sebagainya. Kabar baiknya sudah ada warung yang ada diket areal camping ini. Bahkan air pun sudah tersedia di dekat warung tersebut. Pada pagi harinya kamu pun bisa menyaksikan momen Matahari Terbit dari ufuk timur yang menawan.

Akomodasi untuk camping ternyata juga murah. Kamu cukup keluar budget 10k saja per malam dan parkir cukup 5k. Namun untuk perlengkapan camping bawa sendiri ya sob.

Sunrise

Seperti yang disinggung sebelumnya, kamu bisa melihat sunrise dari arel ini. Tentunya hanya yang menginap alias ngeCamp disini yang bisa menyaksikan Matahari terbit tersebut.

Explore Air terjun

Ternyata dari Gedong Pass ini kamu juga bisa menyambangi beberapa air terjun di Kaki Gunung Merbabu. Di sebelah barat kamu bisa explore Air Terjun Grinjingan lalu di sebelah selatan yang mana arah menanjak ke Gunung Merbabu ada beberapa air terjun lagi. Salah satunya adalah Curug Gedong. Sangat disarankan untuk mengajak warga setempat sebagai guide. Dimana warga tersebut siap manantar dan menunjukan jalan ke titi lokasi.

Harga tiket Gedong Pass Getasan

Gak perlu kuatir soal budget yang akan kamu keluarkan ya sob. Murah banget kok. Kamu cukup bayar 5k saja sebagai HTM ke tempat ini. Kalau untuk menuju ke air terjun masih gratis, namun sangat disarankan kamu memberikan ucapan terimakasih kepada warga yang kamu ajak jadi guide tadi.

  • Harga tiket: Rp. 5.000,-

Lokasi Gedong Pass Getasan

Sesuai dengan nama tempat ini Gedong Pass berada di Dusun Gedong Desa Tajuk Kecamatan Getasan. Nah kamu bisa langsung menuju kesana yang mana bisa diakses dari Kopeng maupun dari arah Salatiga. Lokasinya pun sudah ada di Google Map dengan nama singkat banget “G-Pass”.

  • Alamat: Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kec. Getasan, Kab. Semarang, Jawa Tengah

Dari arah Kopeng kamu bisa ambil arah selatan arah Batur lalu lanjut menuju ke lokasi. Dari arah Salatiga kamu bisa via Hutan Pinus Kayon lalu keselatan arah Hutan Pinus Tiamo, namun di Cingklok kamu belok kanan arah G Pass.

Harga tiket Gedong Pass Getasan
instagram.com/ahmaddzamroni

Rasanya tak salah jika kamu punya jadwal ke Gedong Pass Getasan ini. Kamu bisa ngeCamp di Gunung cukup dengan mendaki tipis-tipis. Hal ini karena memang kendaraan pun bisa mencapai lokasi bahkan roda empat sekalipun.

Meski gak di puncak, kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan jajaran perbukitan lainya. Selain itu, pastikan kendaraan prima dan bensin terisi penuh ya sob. Satu lagi, kenakan jaket tebal agar tidak kedinginan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *