9 Tempat Wisata di Bantul 2019

Diposting pada

Jogja tidak hanya dikenal dengan Malioboro dan Keratonnya aja, masih banyak sekali tempat – tempat wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berada di kota gudeg ini. Bantul, salah satu kabupaten di Provinsi Jogja yang menyimpan berbagai destinasi liburan dengan konsep wisata alam. Akhir – akhir ini banyak bermunculan obyek wisata baru di kota yang memiliki motto Projotamansari ini. Yuk simak ulasan tentang tempat wisata di Bantul di bawah ini.

9 Tempat Wisata di Bantul 2019

Kali ini kita akan bahas satu persatu tempat wisata hits yang ada di Bantul. Beberapa diantaranya yaitu: Grojogan Lepo, Bukit Panguk, Hutan Pinus Pengger, Kebun Buah Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit, Puncak Becici, Bukit Lintang Sewu, Jurang Tembelan, dan Pantai Goa Cemara.

1. Grojogan Lepo Dlingo

Tempat wisata yang juga dikenal dengan air terjun Lepo Dlingo ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lainnya. Memiliki 3 tingkatan air terjun dengan kolam dibawahnya sedalam kurang lebih 2 meter. Tempat yang sangat asyik untuk bermain air dan berenang karena airnya sangat jernih. Grojogan Lepo Dlingo dibuka mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Nah disana tarif tiketnya sukarela, kalian hanya wajib membayar parkir kendaraan saja. Untuk parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 10.000.

Jalan menuju wisata ini sempit dan berkelok – kelok, disarankan untuk para pengunjung sebaiknya menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Untuk rombongan yang menggunakan bus pariwisata/ bus besar, setelah sampai di kecamatan Dlingo direkomendasikan untuk menyewa mobil kecil untuk mengantar ke lokasi.

2. Bukit Panguk

9 Tempat Wisata di Bantul 2019Destinasi wisata alam ini berada di sebuah bukit di Desa Mangunan. Jika sampai di lokasi jam 5 pagi, kalian akan disuguhkan keindahan sunrise dengan gumpalan – gumpalan kabut yang menyelimuti bukit. Bukit Panguk menyediakan beberapa spot foto kece diantaranya gardu pandang, perahu bambu, ayunan, kereta kencana, dan masih banyak lainnya. Harga tiket masuknya cukup terjangkau hanya Rp 2.500 saja. Yang ingin foto di spot yang sudah tersedia kalian harus membayar Rp 3.000/ spot. Sembari menikmati momen sunrise di pagi hari jangan lupa juga untuk mengabadikan momen dengan view yang kece badai.

3. Hutan Pinus Pengger

Salah satu destinasi wisata terfavorit di kawasan Dlingo, Bantul. Mempunyai beberapa spot foto yang instragamable menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Hutan Pinus Pengger. Darisana kalian bisa menyaksikan view kota Jogja. Apalagi kalau malam hari, pemandangannya semakin menakjubkan dengan kelap kelip lampu dari kota Jogja. Tempat wisata hutan pinus ini buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Dan untuk HTMnya murah banget lho guys, cuma 3 ribu aja. Buat yang ingin merasakan sensasi camping di hutan, disana juga sudah disediakan area khusus untuk ngecamp.

9 Tempat Wisata di Bantul 2019

4. Kebun Buah Mangunan

Wisata di kawasan perbukitan Dlingo ini buka dari jam 05.00 pagi, jadi pas banget nih buat kamu yang ingin menikmati sunrise. Ada beberapa jenis tanaman buah yang sengaja ditanam di Kebun Buah Mangunan mulai dari mangga, jeruk, manggis, durian, dan rambutan. Fasilitas umum seperti tempat parkir, mushola, toilet, gedung pertemuan, gazebo, area camping, rest area, dan wahana outbond sudah tersedia disana.

9 Tempat Wisata di Bantul 2019Hanya dengan membayar tiket 5 ribu saja kita sudah bisa jalan – jalan sepuasnya di area wisata. Tarif untuk parkir kendaraan juga terjangkau Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Jangan lupa bawa kamera ya untuk mengabadikan setiap momen bahagia di Kebun Buah Mangunan.

5. Seribu Batu Songgo Langit

Tempat Wisata di BantulKreatif dan inovatif menjadi konsep utama dalam menciptakan destinasi wisata baru di daerah Dlingo. Seribu Batu Songgo Langit punya spot foto yang sangat unik berbentuk rumah hobbit dan rumah seribu kayu. Sebagian spot dibentuk menggunakan batang kayu yang sudah kering. Selain 2 rumah tadi masih ada beberapa spot menarik lainnya seperti jembatan jomblo dan taman bunga tumpah. Untuk memasuki kawasan wisata dengan background foto yang kece ini tiap pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket Rp 2.500. Disana juga tersedia wahana flying fox dengan tarif Rp 15.000/ orang.

6. Puncak Becici

Tempat wisata yang pernah dikunjungi Barrack Obama ini, saat ini sedang digandrungi oleh para pecinta sunset. Karena di Puncak Becici ini kita bisa menyaksikan keindahan senja dan matahari tenggelam. Tidak jarang pula yang mengabadikan momen – momen indah tersebut.

Tempat Wisata di Bantul 2019Yang suka bergelantungan di pohon, disana juga ada penyewaan hammock lhoh.Kalian bisa tiduran sambil menikmati pepohonan yang rindang dan menghirup udara sejuk. Sama dengan wisata lain di Bantul, di Puncak Becici ini tiketnya juga gak mahal kok. Hanya 2 ribu aja untuk tiket masuknya, dan untuk parkir motor dikenakan tarif 2 ribu. Yang bawa mobil tarif parkirnya 5 ribu, dan untuk bus Rp 20 ribu.

7. Bukit Lintang Sewu

Sebuah bukit dimana kita bisa menyaksikan sunset dan gemerlap kota Jogja dari atas ketinggian. Destinasi wisata yang buka jam stengah 5 pagi sampai jam 10 malam ini memiliki spot foto unik. Spot foto favorit dari Bukit Lintang Sewu yaitu 2 tugu dan bingkai berbentuk bintang. Walaupun harga tiketnya cuma 2 ribu, tapi fasilitas didalamnya sudah cukup lengkap. Ada spot – spot unik, gardu pandang, gazebo, rumah pohon, camping ground, area parkirnya juga luas, ada toilet, mushola dan warung penjual makanan minuman.

8. Jurang Tembelan

9 Tempat Wisata di Bantul 2019Lokasi yang wajib banget dikunjungi para pecinta sunrise dan sunset. Spot- spot unik seperti kapal bambu, kupu – kupu raksasa, helikopter dan ayunan menambah keindahan di Jurang Tembelan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam, kalian bisa mampir kesini kapan saja. Ada kabar gembira nih buat kalian, untuk bisa masuk ke Jurang Tembelan tidak dikenai tarif sama sekali. Jadi kalian bisa puas berswafoto dan melihat panorama alam secara gratis.

9. Pantai Goa Cemara

Jajaran pohon cemara yang tumbuh rindang dan rimbun di tepi pantai membentuk semacam goa/ lorong. Oleh sebab itu pantai di salah satu pesisir selatan Jawa ini dikenal dengan nama Pantai Goa Cemara. Pengunjung bisa menikmati kesejukan dibawah pohon cemara dan menikmati indahnya ombak yang berkejar – kejaran.

Disana kalian juga bisa mencoba sensasi berkuda dan keliling pantai dengan menggunakan ATV. Pantai yang berada di Desa Gadingsari ini memberlakukan tiket masuk Rp 5.000/ pengunjung.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata di Bantul 2019 yang wajib banget kalian kunjungi. Masih banyak destinasi wisata lainnya di kabupaten Projotamansari ini. Namun 9 obyek wisata diatas merupakan destinasi pilihan yang paling recommended untuk kalian.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *