32 Wisata Kendal 2020

Diposting pada

Tahukah kamu ternyata ada banyak tempat wisata Kendal 2020 ini. Tak hanya menyuguhkan wisata dengan tema pantai, namun kabupaten yang berada di sebelah barat kota Semarang ini banyak menyimpan wisata alam hingga wisata buatan yang tak bisa dikatakan remeh temeh. Ada yang memang berupa potensi alam seperti hutan pinus, kebun teh, maupun air terjun, namun ada pula yang memang sengaja dibuat seperti kolam renang dan waterboom.

Sebagian tempat wisata memang baru ada sejak beberapa tahun terakhir, namun sebagian lagi memang merupakan wisata lama, namun tetap eksis bahkan masih ramai dikunjungi. Dengan pesona dan daya tarik yang tak kalah dengan kabupaten lain, sejumlah tempat dolan di Kendal ini layak banget untuk kamu kunjungi.

Daftar wisata Kendal 2020

Agar kamu lebih klik lagi akan keberadaan sejumlah tempat piknik di kendal tersebut, kali ini, kita akan luas secara singkat satu persatu. Dengan informasi ini, kamu lebih tahu “ternyata kendal banyak tempat wisatanya to” dan tentunya lebih tertarik lagi untuk mengunjungi kabupaten yang mendapatkan julukan kota santri ini.

Kedung Pengilon

Destinasi yang sempat hits ini tak kalah menarik dengan wisata alam di lainya. Pasalnya Kedung Pengilon ini memiliki keunikan layaknya Air Terjun Niagara di luar negeri sono. Tiket masuknya pun murah, cuma 3k saja sudah termasuk parkir.

Wisata Kendal 2020Kamu pun bisa langsung datang ke Desa Tunggulsari, Kec. Brangsong jika ingin menyambangi obyek ini. Sebenarnya bisa dicapai dengan roda empat, namun kamu perlu jalan kaki sedikit lebih jauh.

Goa Kiskendo

Buat kamu yang suka wisata alam yang menantang, kayaknya wajib banget datang ke Goa Kiskendo Kendal. Selain bisa menyusuri Goa, kamu juga bisa ngecamp hingga panjat tebing (namun hanya yang punya peralatan komplit ya geng).

Dengan harga tiket 5k saja, kamu sudah bisa menyambangi obyek yang berada di Desa Trayu, Kec. Singorjo. Jika saat musim durian tiba, kamu juga bisa beli durian juga lho disepanjang jalan menuju kesana.

Pinus Baon Park

Wisata hutan pinus yang satu menawarkan tempat dolan yang tak hanya asik untuk berswafoto namun juga cocok untuk camping ramai-ramai. Lebih mantap lagi, disana juga ada kolam air panas juga lho.

Kamu cukup membayar tiket sebesar 5k saja untuk masuk area Hutan Pinus Baon ini. Lalu lokasinya berada di Dusun Nglimut, Desa Gonoharjo, Kec. Limbangan dengan lokasi tak jauh dari Promas Greenland.

Bukit Selo Arjuno dan Bligo

Tempat dolan Bukit Selo Arjuno dan Bligo menawarkan keindahan dari atas ketinggian. Selain view perbukitan, kamu juga bakal bisa menjajal wahan flying fox atau camping di destinasi yang berada di Ds. Watumalang, Desa Kedungboto, Limbangan ini.

Harga tiket masuk kesana pun murah, yakni 5k dan parkir cuma 2k. Cukup dengan total budget 7k, kamu sudah bisa menikmati hamparan alam disana.

River Walk Boja

Kalau wisata Kendal 2020 yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Selain memang menyuguhkan waterpark dan kolam renang, pengunjung bisa bisa melihat aneka satwa, makan di resto, hingga menginap di hotel.

Destinasi kenaman ini berada di Desa Ngadibolo, Kec. Boja dengan lokasi sangat mudah dijangkau. HTM River Walk Boja pada weekday 30k dan weekend 35k.

Promas Greenland

Meski memiliki potensi alam berupa air panas, namun Promas Greenland lebih tepat dinamakan dengan wisata buatan. Kamu bakal bisa menikmati kolam air panas dan kolam air dingin sekaligus saat menyambangi tempat rekreasi ini.

Wisata Kendal 2020Destinasi yang komplit-plit dengan villa, wahana, camping ground, dan lain sebagianya ini berada di Nglimut, Gonoharjo, Limbangan. HTM yang kamu keluarkan adalah 20k dewasa dan 15k anak-anak

Pemandian Air Panas Nglimut

Bersebelahan dengan Promas Greenland, ada Pemandian Air Panas Nglimut. Tak hanya menawarkan kolam dengan air panas, namun pengunjung juga bisa bermain di waterboom.

Tiket masuk dewasa adalah 20k dan tiket masuk anak-anak sebesar 10k. Lokasi tepatnya di Nglimut, Desa Gonoharjo, Limbangan yang mana juga dekat dengan Nglimut Adventure River Tubing.

Wisata Trisobo Park

Masih gress bahkan belum sepenuhnya jadi, ada Wisata Trisobo Park Boja. Tempat piknik ini menawarkan kolam renang dan waterboom untuk anak-anak serta wahana permainan seperti ATV

Pengunjung cukup membayar 10k saja untuk bisa menikmati wahana disana. Silahkan datang ke Desa Trisobo, Kec. Boja, namun dengan lokasi masuk ke desa.

Kolam Renang Boja

Destinasi yang disebut dengan Kolam Renang Boja ini tak jauh dari River Walk Boja. Bedanya, kalau kolam ini memang diperuntukan untuk para atlet berlomba, karena memang kolam renangnya berstandar nasional.

Diluar kolam utama, ada wahana layaknya waterboom yang bisa dinikmati oleh anak-anak untuk bermain. Datang saja ke Jl. Raya Boja – Kaliwungu, Sapen, Boja. Tiket masuk adalah 10.200 weekend dan 7.200 saat weekday.

Tirta Nusantara

Lengkap dengan waterboom, obyek yang bernama Tirta Nusantara cocok untuk semua kalangan usia. Bahkan lebih dari itu, masih ada wahana kolam pancing dengan area yang luas plus tempat makan di sekitarnya.

Pengunjung akan dikenakan HTM sebesar 17.500 pada area kolam renang dan HTM Watertoys sebesar 15k. Alamatnya adalah di Dusun Cangkiran Ngabean Boja.

Sekartama Waterland

Di Weleri tepatnya di Desa Nawangsari ada waterboom yang menarik, namanya Sekartama Waterland. Selain ada kolam renang, di tempat rekreasi air ini juga dilengkapi dengan seluncur yang bisa digunakan oleh orang dewasa sekalipun.

Wisata Kendal 2020Tiket masuk kesana juga murah, cuma dengan 10k pada hari biasa dan 15 pada saat weekend. Kalau lapar, kamu bisa juga jajan di cafetaria yang ada di dalam area.

Tirto Arum

Kolam renang yang satu ini menawarkan sebuah tempat rekreasi yang komplit. Tak hanya ada kolam, namun juga ada wahana permainan, tempat makan, hinga hotel. Lokasinya pun berada di tepi jalan raya Soekarno Hatta, jadi begitu mudah dijangkau.

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk Tirto Arum Kendal sebesar 20k dan parkir motor 2k dan parkir mobil 3k. Langsung saja ke Bugangin, Kec. Kendal jika ingin berekreasi disana.

Lembah Nirwana

Destinasi yang satu ini memadukan wisata alam dan wisata buatan. Pengunjung yang datang ke obyek ini bisa menikmati hamparan alam plus aneka tatanan bunga plus dengan kolam renang bahkan mini waterpark.

HTM Lembah Nirwana ternyata murah meriah, yakni cuma 5k saja dan penitipan kendaraan cuma 2k, namun kalau mau berenang bayar 10k. Titik lokasinya ada di Dsn. Beko, Desa Gondang, Kec. Limbangan.

River Tubing Blimbing Boja

Tak kalah dengan kabupaten lain, di Desa Blimbing, Kec. Boja ada wisata susur sungai juga lho. Sebenarnya lebih tepat susur irigasi. Meski demikian, kamu bisa menikmati sensai hanyut bersama air dan menjajal aneka jajanan disana.

Gak perlu mahal, ternyata cuma dengan 10k saja kamu bisa bersenang-senang disana. Langsung deh datang ke River Tubing Blimbing untuk membuktikan keseruanya.

Nglimut River Tubing

Di Nglimut Desa Gonoharjo Kec. Limbangan juga ada river tubing. Kamu pun bisa menjajal sensasi menyusuri sungai di destinasi petualangan yang satu ini.

Lokasinya pun juga tak jauh dari pemandian air panas dan hutan pinus Baon Park. Langsung saja dech mencoba merasakan serunya menyusuri sungai disana.

Pasar Karetan

Tak kalah dengan kab. lain, di Kendal juga ada pasar wisata yang disebut dengan Pasar Karetan. Jam buka pasar ini setiap hari ahad dari pukul 7 pagi hingga 12 siang.

Nah kamu bisa menikmati berbagai menu tradisional di wisata kuliner yang ada di Dusun Krajan, Desa Meteseh, Boja ini. Gak ada tiket masuk namun parkir motor 5k dan mobil 10k.

Kampung Djowo Sekatul

Kampoeng Djowo Sekatul merupakan salah wisata kuliner di Kendal. Pengunjung bakal bisa menikmati berbagai sajian kuliner di destinasi yang satu ini dengan suasana jawa klasik.

Kampung Djowo Sekatul
instagram.com/sukanyasar

Destinasi yang berada di Desa Skutis, Kec. Limbangan ini juga dilengkapi  dengan kolam renang untuk anak-anak yang otomatis cocok untuk keluarga, karena bisa ajak sikecil.

Kampung Ragam Warna

Kampung pelangi versi Kendal ada di Kaliwungu, namanya adalah Kampung Ragam Warna. Selain menyuguhkan rumah yang warna-warni, pengunjung juga bakal disuguhkan dengan berbagai spot foto dan festival yang menarik.

Kabar baiknya wisata Kendal 2020 ini, tidak ada HTM yang dikenakan untuk pengunjung alias gratis. Nah, kamu bisa langsung capcus ke Dusun Mranggen, Desa Kutoharjo, Kec. Kaliwungu.

Kebun Teh Medini

Hamparan kebun teh nan hijau dan luas ternyata bisa kita jumpai di Kendal, yakni di Kebun Teh Medini. Destinasi yang asik untuk menikmati hamparan alam dan foto.

Tiket masuk juga murah, cuma 5k saja per motor. Meksi jalan disana kurang baik namun sudah ada masjid, penjaja makanan, bahkan ada area camping ground yang berada sebelum lokasi kebun teh.

Curug Citro Arum Kendal

Curug Citro Arum berada di Desa Pakis Kec. Limbangan memang tidak begitu deras, namun air terjun begitu tinggi. Terlihat jelas hamparan tanaman perdu juga masih lebat yang mana menjadikan air terjun ini terlihat lebih alami.

Obyek tak jauh dari Lembah Nirwana ini belum ada tiket masuknya, melainkan pengunjung cukup membayar retribusi parkir sebesar 2k saja.

Curug Jeglong

Sesuai dengan namanya, grojogan ini memiliki kedung layaknya jeglongan (kubangan). Menariknya ada tiga jeglong (kedung) sekaligus di obyek ini. dengan demikian, cocok banget untuk berendam atau mandi.

Silahkan datang ke Dukuh Jeplak, Desa Bendosari, Plantungan jika ingin menikmati keindahan dan bermain disana. HTM Curug Jeglong sebesar 5k dan parkir sebesar 2k.

Curug Semawur

Air terjun yang dikenal dengan Curug Semawur menawarkan air terjun yang tinggi dengan debit air yang besar. Area grojogan pun terlihat begitu asri karna rimbunya tanaman perdu disana.

Untuk bisa menikmati keindahan di obyek yang berada di Dusun Kejiwan, Desa Blumah, Kec. Platnugnan ini, kamu harus berjalan selama satu jam dari areal parkir. Harga tiket masuk gratis, namun bekal harus cukup ya geng.

Curug Pelangi Mojoagung

Di Desa Mojoagung Kec. Plantungan ada Air Terjun yang disebut dengan Curug Pelangi Mojoagung. Destinasi yang satu ini menawarkan aliran air yang cukup tinggi. Akses kesana pun juga sudah dibuka, bahkan sudah mencapai 70 persen.

Tak hanya bisa menikmati keindahan air, namun kamu juga bakal bisa ciblon di kedung (genangan air) yang berada di depan grojogan ini, tanpa harus bayar satu rupiah pun.

Curug Sewu

Dari sekian banyak air terjun di Kendal, mungkin Curug Sewu yang paling fenomenal. Pada saat musim hujan curug yang begitu besar ini memiliki banyak aliran sekali selayaknya Air Terjun Niagara. Meski tidak disarankan turun kebawah, namun obyek ini begitu jelas dari atas.

Pengunjung akan dikenakan tiket yang lumayan dibanding destinasi wisata Kendal 2020 yang serupa yakni 20k dengan lokasi di Remboko, Desa Sewu, Kec. Patean.

Curug Panglebur Gongso

Tak setinggi curug di tempat lain memang, karena memang hanya mencapai sekitar 7 meter. Namun yang menarik adalah, grojogan ini memiliki kedung yang cukup luas dan cocok banget untuk berengan sekalipun.

Kamu cukup membayar tiket 5k dan parkir 2k saja agar bisa berekreasi air terjun Curug Panglebur Gongso yang berada di Desa Gondang, Kec. Limbangan ini.

Curug Klenting Kuning

Air terjun yang diberi nama Curug Klenting Kuning ini lain dari yang lain. Sesuai dengan namanya, bahwa terlihat jelas bahwa grojogan ini berwarna kuning. Akan tetapi bukan airnya, namun dinding tebing di belakang air terjun inilah yang berwarna kuning.

Tak perlu mahal untuk menyambangi obyek yang berada di dekat Lembah Nirwana ini. Kamu cukup mengeluarkan budget sebesar 5k. Lokasi tepatnya adalah di Sumowono, Desa Gondang, Kec. Limbangan.

Curug Corong Limbangan

Curug Corong terletak tak jauh dari Curug Klenting Kuning. Bedanya obyek ini belum dikelola secara maksimal, bahkan pengunjung tidak perlu membayar tiket parkir dan tiket masuk.

Air terjun yang berada di Dsn. Beku, Desa Gondang, Kec. Limbangan ini memang tak begitu tinggi, namun menariknya aliran air mengalir layaknya sungai vertikal.

Curug Lawe Secepit

Air terjun yang satu ini berada searah dengan Kebun Teh Medini yakni berada di Dsn. Gunungsari,  Desa Ngesrep Balong, Kec. Limbangan. Selain memang tinggi, grojogan ini juga memiliki air jernih dan bersih.

Harga tiket masuk Curug Lawe Secepit ini pun murah meriah, yakni cuma 5k dan parkir cuma 2k. Titik lokasi dari area parkir pun terbilang dekat, yakni cuma 30 menit saja.

Danau Banaran Sukorejo

Obyek yang satu ini belum bisa disebut sebagai tempat wisata, namun pesona airnya yang begitu jernih bahkan menjadikan pengunjung seolah berjalan ditengah danau menjadi angel yang tak boleh dilewatkan.

Kamu pun tidak perlu mengeluarkan satu rupiah pun untuk masuk ke ara Danau Banaran Sukorejo ini. Datang saja ke Dusun Surugajah, Desa Ngargosari, Kec. Sukorejo.

Pantai Cahaya

Selain menyuguhkan pantai yang apik, ternyata di Pantai Cahaya juga menyediakan wahana kolam renang dan berbagai wahana permainan. Pengunjung bisa mendapatkan lebih dari sekedar pantai di destinasi ini.

wisata Kendal 2020Namun kamu perlu tahu, kalau tiket Pantai Cahaya adalah sebesar 40k dan include semua wahana. Alamatnya adalah Dusun Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari

Pulau Tiban

Berbeda dengan pantai pada umumnya, di Pulau Tiban ini hanya bisa dicapai dengan perahu. Namun justru dengan keunikan ini, pengunjung bisa sekaligus menyusuri hutan pinus layaknya di Amazon sebelum sampai tiba disana.

Wisata pantai ini dibandrol dengan harga 15k karena sudah include naik perahu tadi. Lokasinya ada di Tanjung Mulyo, Kartika Jaya, Patebon.

Pantai Ngebum Kaliwungu

Meski menawarkan pasir hitam, namun pantai Ngebum Kaliwungu menawarkan banyak wahana permainan. Lebih dari itu, pengunjung juga bisa bersantai di kursi-kursi layaknya di bali dengan tarif 10k.

wisata Kendal 2020Gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena cukup dengan budget 5k dan parkir 3k saja sudah bisa masuk areal wisata yang berada di Ds. Mororejo, Kec. Kaliwungu ini.

Itulah beberapa gambaran tempat wisata Kendal 2020. Dengan daftar ini, kamu bisa jalan-jalan diakhir pekan atau saat liburan tanpa harus keluar kota. Namun buat kamu yang berada di luar kabupaten yang dikenal dengan kota Santri ini juga bisa menyambangi beberapa destinasi di kab. ini. Apalagi jenis – jenis wisatanya ada banyak, mulai dari wisata alam, wisata buatan, kolam renang, hinga pantai pun ada. Bisa pilih deh sesuai selera.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *